Tidak Siap, Bandara Kertajati Batal Jadi Embarkasi Haji 2019

Rabu, 12 Juni 2019, 09:23 WIB | Laporan: Yelas Kaparino

BIJB Kertajati/RMOL Jabar

Rencana untuk menggunakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, sebagai titik pemberangkatan jemaah haji 2019, batal. Bandara itu dinyatakan belum siap menjadi embarkasi haji.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Jajang Badruzaman.
 
Jajang mengatakan, keputusan itu merupakan hasil rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait yang dilakukan pada 23 Mei 2019 lalu. BIJB Kertajati sulit untuk melaksanakan pemberangkatan haji karena belum ada MoU terkait jadwal penerbangan BIJB dengan pihak penerbangan Arab Saudi.

“Intinya, terutama dari penerbangan, sulit untuk dilaksanakan dengan alasan jadwal penerbangan antara BIJB Kertajati dengan bandara di Arab Saudi itu belum ada MoU,” ungkapnya, seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jabar, Rabu (12/6).

Selain itu, fasilitas pendukung sebagai sebuah embarkasi haji juga belum memadai. Ketiadaan tempat penginapan yang sesuai standar  juga menjadi alasan gagalnya Bandara Kertajati memberangkatkan jemaah haji tahun ini.  

Kolom Komentar