Bantu Perantau Urus Dokumen, Bupati Banyuwangi Minta Dispendukcapil Tambah Jam Kerja

Selasa, 11 Juni 2019, 03:42 WIB
Laporan: Elitha Tarigan

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas/Dok

Hari pertama masuk kerja usai libur Idul Fitri, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas langsung melakukan sidak.

Dalam kesempatan tersebut, secara khusus ia meminta agar petugas yang bekerja di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi agar membuka pelayanan ekstra bagi warga. Tujuannya agar perantau yang ingin mengurus dokumen saat mudik dapat dilayani dengan cepat dan tuntas.

“Tolong khusus selama pekan ini kinerja ditingkatkan karena biasanya banyak warga rantau yang mengurus KTP,” ujar Anas kepada kartawan Dispendukcapil yang tengah bertugas, Senin (10/6).

Tak hanya itu, Anas juga berpesan agar jam kerja petugas Dispendukcapil juga ditambah selama sepekan ke depan.
 
“Saya mohon semua siap kerja ekstra hingga lembur untuk mengatasi membludaknya pemohon pelayanan,” pintanya.

Momen sidak tersebut juga dimanfaatkan Bupati Anas untuk memotivasi karyawan agar menciptakan susasana kantor yang nyaman untuk bekerja. Karena, kata dia, suasana kantor sangat berpengaruh bagi kinerja PNS.

“Kalau suasana kantor nyaman akan memberi energi positif. Secara umum, suasana kantor-kantor sudah bagus, mulai dari tata ruang, kebersihan, penghijauan, pemanfaataan tata ruang juga bagus. Memang masih ada yang kurang, nanti akan kami evaluasi, khususnya kantor pelayanan publik seperti puskesmas,” pungkas Anas. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Nafiul Huda menambahkan bahwa di hari pertama kerja ini terdapat sembilan ASN yang absen dengan berbagai alasan kepentingan.

“Ada yang alasan sakit, ada juga keperluan keluarga, namun tidak ada yang tanpa keterangan. Namun mereka tetap akan kami laporkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara mengacu dengan peraturan yang telah ditetapkan. Sembari mereka juga diberi peringatan dari pimpinan masing-masing,” kata Huda.
EDITOR: DIKI TRIANTO
Tag:

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019