Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

63 Persen Kendaraan Ternyata Belum Kembali Ke Jakarta Di H+2 Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 09 Juni 2019, 17:33 WIB
63 Persen Kendaraan Ternyata Belum Kembali Ke Jakarta Di H+2 Lebaran
Jalur arteri Kalimalang/RMOL
rmol news logo Arus lalu lintas yang mengarah ke Jakarta melalui jalan tol terpantau sudah ramai dalam arus balik lebaran 2019. Namun terhitung H+2 lebaran atau hingga Sabtu (8/7), jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta ternyata belum menyentuh separuh kendaraan yang ke luar dari Jakarta pada arus mudik kemarin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, arus balik mudik yang dimulai sejak H+1 dan H+2 pada Jumat-Sabtu kemarin baru sekitar 451.104 kendaraan yang telah kembali ke Jakarta.

"PT Jasa Marga mencatat total 451.104 kendaraan kembali ke Jakarta dari arah Timur, arah Barat, dan arah Selatan selama H+1 sampai dengan H+2 lebaran 2019 atau pada hari Jumat-Sabtu (7-8 Juni 2019) kemarin. Angka ini naik sebesar 63,53 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 275.858 kendaraan," kata Irra Susiyanti dalam keterangannya, Minggu (9/6).

Dilihat dari jumlah kendaraan yang keluar pada mudik kemarin dan masuk ke Jakarta saat arus balik baru 37 persen kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui Jalan Tol. Diketahui, total kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui jalan tol sejak H-7 hingga H-1 sebanyak 1,21 juta kendaraan.

"Sehingga terdapat sisa 63 persen atau sebanyak 765 ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan ke Jakarta," katanya.

Dari 32 persen kendaraan yang telah kembali ke Jakarta, sebanyak 62 persen dari arah Timur, sebanyak 22 persen dari arah Barat, dan sebanyak 16 persen dari arah Selatan.

"Lalin mudik dari arah Timur merupakan kontribusi lalin arus balik di dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi," papar Irra.

Sedangkan dari arah Barat merupakan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Merak-Tangerang. Dan kendaraan dari arah Selatan merupakan kendaraan yang melintas di Jalan Tol Jagorawi.

Kendaraan yang telah kembali ke Jakarta dari arah Timur sebanyak 277.750 kendaraan. Jumlah tersebut hanya sekitar 40 persen dari kendaraan yang meninggalkan Jakarta. Artinya, sebanyak 413.819 kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan pulang dari arah Timur.

Sedangkan dari arah Barat melalui Jalan Tol Merak-Tangerang sebanyak 99.127 kendaraan yang telah kembali ke Jakarta atau 32 dari total 308.311 yang sebelumnya meninggalkan Jakarta.

Selain itu, dari arah Selatan yang melakukan Jalan Tol Jagorawi baru 74.227 kendaraan yang telah kembali ke Jakarta. Jumlah tersebut baru mencapai 34 persen dari total kendaraan yang pergi saat arus mudik sejak H-7 hingga H-1 lebaran 2019. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA