Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dari Lima Lokasi, Kemenhub Lepas 10 Ribu Pemudik Kembali Ke Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 08 Juni 2019, 19:15 WIB
Dari Lima Lokasi, Kemenhub Lepas 10 Ribu Pemudik Kembali Ke Jakarta
Pelepasan pemudik dari Wonogiri/Net
rmol news logo Ribuan pemudik arus balik dilepas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) dari lima lokasi untuk kembali ke Jakarta pada hari ini, Sabtu (8/6).

Kemenhub menyediakan sebanyak 1.243 unit bus dengan kapasitas angkut 55.935 orang dan 81 unit truk dengan kapasitas angkut motor 3.645 unit untuk periode mudik dan balik gratis pada Angkutan Lebaran 2019 ini.

Para pemudik yang ingin kembali ke Jakarta itu dilepas dari terminal tipe A yang berada Yogyakarta, Solo, Semarang, Wonogiri, dan Purwokerto. Total ada 10 ribu lebih pemudik yang diangkut dengan 230 bus kembali ke Jakarta dari lima lokasi tersebut.

Tujuan dari bus-bus tersebut adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

“Hari ini kami melakukan pelepasan sebanyak 89 bus dengan total 4.000 penumpang di Terminal Tirtonadi. Secara bersamaan hari ini ada 5 pemberangkatan yaitu di Solo, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, dan Wonogiri dengan total 10.350 orang yang diangkut dengan 230 bus,” ujar Kepala Subdirektorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan, Syaiful Bahri saat melepas pemudik dari Solo.

Syaiful berharap penyelenggaraan rangkaian acara mudik gratis ini dapat mengurangi kemacetan di jalur mudik. Terlebih, pada saat lebaran terjadi peningkatan volume kendaraan yang melintas pada beberapa ruas jalan.

“Sehingga pada prinsipnya penyelenggaraan Mudik Bareng Asyik Lancar ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor dan kendaraan pribadi sehingga mengurangi beban lalu lintas pada jalur mudik serta untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemudik,” ucap Syaiful.

Secara paralel, di Terminal Giwangan Yogyakarta, pada Sabtu (8/6) pagi rombongan yang dilepas oleh Dody Arifianto, Kepala Seksi Angkutan Barang Umum Subdit Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan bersama Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi yaitu sebanyak 42 bus dengan 1.890 penumpang.

Sementara pemberangkatan dari Terminal Giwangan esok hari, Minggu (9/6) akan dilepas sebanyak 19 unit bus dengan 855 penumpang.

Di Terminal Mangkang Semarang, rombongan bus dilepas oleh Renhard Ronald selaku Kepala Subdirektorat Angkutan Perkotaan Direktorat Angkutan Jalan dengan bus sejumlah 18 unit yang mengangkut penumpang 546 orang.

Selain itu, di Terminal Bulupitu Purwokerto dilepas oleh Deny Kusdyana, Kepala Subdirektorat Angkutan Orang Antar Kota Direktorat Angkutan Jalan dengan jumlah penumpang 590 orang yang diangkut dengan 24 bus.

Sementara M. Andi Rachmatullah selaku Kepala Seksi Angkutan Barang Khusus Subdirektorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan melepas keberangkatan 30 bus dan 1.255 penumpang di Terminal Giri Adipura Wonogiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA