Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Warga Naik Atap Mobil, Anies Bakal Buat Aturan Takbir Keliling

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 06 Juni 2019, 02:52 WIB
Banyak Warga Naik Atap Mobil, Anies Bakal Buat Aturan Takbir Keliling
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/RMOL
rmol news logo Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kecewa dengan ulah beberapa warga Ibukota yang mengikuti takbir keliling Idul Fitri 1440 H secara berlebihan dengan banyaknya warga yang naik di atap mobil.

Itu sebabnya, Anies akan menindak tegas para sopir bus dan angkutan kota. Semestinya, kata dia, seluruh sopir tidak membiarkan masyarakat naik ke atap kendaraan saat takbiran keliling karena membahayakan.

"Karena itu enggak boleh sebetulnya dan harus ada sanksi bagi sopir yang membiarkan atap kendaraannya untuk duduk, berdiri. Karena bukan seharusnya ada di situ, jadi sanksinya harus ada pada pengendali kendaraan," kata Anies usai open house di Rumah Dinas Gubernur DKI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6).

Agar kejadian serupa tak terulang lagi, Anies berencana membuat peraturan khusus dari Pemprov DKI yang isinya mengatur tentang perilaku pengguna kendaraan saat acara takbiran keliling di jalanan.

"Aturannnya nanti apa, nanti kami cek apakah harus pakai pergub atau Perda. Nanti kami atur. Tapi harus ada aturan yang memberikan sanksi kepada penanggung jawab kendaraan dan penanggung jawab kendaraan adalah supir, pengemudi," imbuhnya.

"Kan kita kadang lihat sering ada acara-acara pada (duduk) di atas(kendaraan), berisiko sekali. Kalau sudah aturan, tidak ada waktu hanya untuk event tertentu, pasti untuk semuanya," tutupnya.

Diketahui sebelumnya, pada Selasa (4/6) malam banyak remaja yang menyewa bus sampai angkot untuk takbiran keliling. Namun sayang banyak dari mereka naik ke atap kendaraan dan ada juga yang menyalakan petasan.

Parahnya di Jl. KH Mas Mansyur atau di underpass Pasar Tanah Abang, ada sekelompok remaja yang naik ke atas bus TransJakarta dan terjepit di underpass. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA