Menhub: Peningkatan Pemudik Jalur Laut Memang By Design

Rabu, 05 Juni 2019, 06:04 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Budi Karya Sumadi (tengah)/RMOL

Selain tarif transportasi udara yang tinggi, peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan transportasi darat dan laut juga disebabkan desain yang sudah disiapkan Kementerian Perhubungan.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Posko Mudik Nasional, Kemhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (4/6).

"Jadi kalau terjadi penurunan (penumpang pesawat) mungkin ada sebagian karena tarif, tapi juga ada yang shifting (pergeseran) ke darat dan laut. Ingin saya sampaikan bahwa pemudik lewat laut itu memang by design untuk meningkat," ungkap Budi.

Kemenhub, lanjut Budi, sudah melakukan upaya agar angkutan laut lebih diutamakan pemudik.

Menhub juga menilai masyarakat sangat antusias mudik menggunakan angkutan bus, contohnya terlihat di Terminal Pulogebang, Jakarta.

"Kami kemarin sudah ke Pulogebang dan bertemu dengan beberapa penumpang yang gunakan bus, mereka juga senang sekali karena bisa pulang dengan tarif murah dan bus yang bagus sekali, apalagi kalau cuma ke Semarang. Semarang itu mungkin hanya enam jam dan tarifnya paling 300 ribuan," ujar Budi Karya.

Peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut pada masa libur Lebaran tahun ini menjadi salat satu sorotan pemberitaan media. Lonjakan penumpang itu diakui PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III yang mengoperasikan terminal penumpang kapal laut di 13 pelabuhan.

Lonjakan penumpang arus mudik terjadi mulai H-15 hingga H-2. Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjadi pelabuhan dengan tingkat kedatangan arus mudik terbanyak dari pelabuhan lain.

Hingga H-2, dalam catatan Pelindo III, tercatat 273.797 orang mudik melalui pelabuhan. Jumlah tersebut naik sekitar 22 persen dari tahun 2018 (224.566 orang).
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

Kamis, 19 September 2019
Video

Kata TB Ace Hasan Syadzily Soal Stok Kader Golkar

Sabtu, 21 September 2019
Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019