Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Daging Sapi Cenderung Normal Di Sejumlah Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 05 Juni 2019, 00:19 WIB
Harga Daging Sapi Cenderung Normal Di Sejumlah Daerah
Konsumen memilih daging sapi/net
rmol news logo Mendekati Lebaran 2019, harga bahan pokok di sejumlah pasar di Indonesia cenderung stabil. Tapi terjadi kenaikan harga untuk beberapa komoditas yang diminati warga selama perayaan Idul Fitri, misalnya daging sapi.

Dari pantauan redaksi diketahui bahwa kenaikan harga daging bervariasi. Di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, harga daging sapi Rp135.000 per kilogram. Harga ini bertahan sejak tiga hari terakhir.

“Sejak Sabtu kemarin harganya memang sekitar 135 ribu per kilogram,” ujar Hasanah Dalimunthe (51) saat berbincang dengan Kantor Berita RMOL, Selasa sore (4/6).

Di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, harga daging berada di angka Rp 120.000 per kilogram. Harga ini juga bertahan selama beberapa hari terakhir.

Muhamad Ali, salah satu pedagang daging di Pasar Jatinegara, mengaku tidak ada kenaikan yang cukup berarti jelang Hari Raya Idul Fitri ini.

“Selisih harganya masih cukup wajar meski sudah mendekati Lebaran,” ujar pria berumur 34 tahun itu.

Sementara itu, dari Pasar Atas, Curup, Bengkulu, dilaporkan bahwa harga daging sapi cenderung stabil atau tidak ada perubahan sama sekali.

“Harga daging tidak naik disini, stabil saja seperti biasa,” kata Martina (56) warga Desa Air Bening, Rejang Lebong, Bengkulu.

Redaksi juga memantau harga hingga ke wilayah Pasar Ranto, Rantau Parapat, Sumatera Utara. Rika (30) salah satu pembeli yang kerap belanja di pasar tradisional tersebut mengungkapkan harga daging di sana bertengger di angka Rp 130.000 per kilogram.

“Baru belanja tadi pagi di Pasar Ranto harganya 130 ribu,” kata Rika.

Masih dari pantauan tim di lapangan, harga cenderung sedikit meningkat di Pasar Krangan, Yogyakarta, dari biasanya berkisar Rp120.000 per kilogram naik jadi Rp 140.000 per kilogram.

“Sudah seminggu ini harga daging Rp140 ribu per kilo,” ujar Frisky Anggraini (33), konsumen yang tinggal di kawasan Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Sementara itu di salah satu supermarket di kota Yogyakarta yang berada di bilangan Sultan Agung diketahui harga daging cenderung stabil. Hartaty (30) warga yang tinggal di kawasan Deresan mengatakan harga daging disesuaikan dengan jenisnya. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari harga Rp 70.000 per kilogram, Rp 90.000 per kilogram dan Rp 120.000 per kilogram.

“Tadi beli khusus untuk rendang daging harganya 120 ribu per kilo dan daging yang berserat ada yang 70 ribu dan 90 ribu. Tergantung pilihan dagingnya,” jelas Hartaty.

Redaksi juga menelusuri data harga daging sapi jelang Lebaran ini langsung ke Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Dari data panel BKP, harga daging cenderung stabil di satu hari jelang Lebaran.

Harga daging sapi paling rendah diketahui berkisar angka Rp 90.000 per kilogram di Pasar Kasih (Kota Kupang).

Harga daging sapi cenderung bertahan di angka Rp 100.000 per kilogram di sejumlah pasar seperti Pasar Arungbai Mardika (Ambon) dan Pasar Terong (Makassar). Sedangkan Rp 110.000 per kilogram di Pasar Badung (Denpasar) dan Pasar Bersehati (Manado).

Sementara itu ada juga pasar tradisional yang menjual harga sebesar Rp115.000 per kilogram, seperti Pasar Johar (Semarang) dan Pasar Riau (Kota Serang). Daging juga dijual seharga Rp120.000 ribu di Pasar Baru (Kabupaten Mamuji), Pasar Sentral (Gorontalo), Pasar Raya (Kota Padang), Pasar Manonda (Palu), Pasar Pembangunan (Pangkal Pinang) dan Pasar Beringharjo (Yogyakarta).

Kemudian daging sapi terjual dengan angka Rp125.000 per kilogram di Pasar Minggu (Bengkulu) dan Pasar Mandonga (Kendari). Selanjutnya konsumen membeli harga daging sapi hingga angka Rp130.000 ribu per kilogram di Pasar Antasari (Banjarmasin), Pasar Angso Duo (Jambi), Pasar Mandalika (Kota Mataram), Pasar Payangsari (Palangkaraya), Pasar km 5 (Palembang) dan Pasar Arengka (Pekanbaru).

Harga daging juga mencapai angka Rp140.000 per kilogram di beberapa titik, seperti Pasar Pasit Gintung (Bandar Lampung). Sementara itu di Pasar Centre (Tanjung Pinang) harga daging menyentuh angka Rp145.000 per kilogram. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA