Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H Masih Berlangsung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 03 Juni 2019, 19:07 WIB
Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1440 H Masih Berlangsung
Suasana sidang isbat di Kemenag/RMOL
rmol news logo Kementerian Agama (Kemenag) RI tengah melakukan Sidang Isbat di Auditorium KH M Rasyidi, Kemenag, Jalan MH Tamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/6).

Berdasarkan pantauan Kantor Berita RMOL di lokasi sekitar pukul 18.45 WIB, sidang isbat masih berlangsung secara tertutup.

Sidang isbat penentuan 1 Syawal 1440 H dipimpin langsung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Turut hadir dalam sidang isbat, Ketua Komisi VIII Ali Taher Parasong, para duta besar negara sahabat, pimpinan ormas termasuk NU dan Muhammadiyah,  pakar astronomi dari LAPAN dan Planetarium Boscha, serta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama.

Sebelumnya, Anggota tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama, Cecep Nurwenday memaparkan posisi hilal (penampakan bulan sabit yang pertama kali setelah terjadinya ijtimak atau konjungsi) berdasarkan hisab (metode hitung).

Cecep yang juga Ahli Astronomi dari Planetarium Jakarta ini mengatakan bahwa posisi hilal masih berada di bawah -1 derajat.

"Pada hari Senin, 3 Juni 2019 (29 Ramadan 1440 H), tinggi hilal di Indonesia antara -1 derajat 26' 27" sampai dengan -0 derajat 05' 04" atau -1 44 derajat sampai dengan -0,08 derajat," jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA