Anies Pastikan Puskesmas Kecamatan Buka 24 Jam Saat Lebaran

Senin, 03 Juni 2019, 13:30 WIB | Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Anies Baswedan/RMOL

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pelayanan kesehatan, baik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun Puskemas ditingkat kecamatan akan terus buka 24 jam saat Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Pelayanan ini untuk memastikan agar masyarakat tetap mendapat perhatian dari pemerintah.

“Jadi meskipun hari lebaran dan ini buka 24 jam dan warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa datang," kata Anies di kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Senin (3/6)

Lanjut Anies, dirinya menjelaskan bahwa Puskemas pada tingkat kelurahan tetap buka hingga hari ini, sementara untuk besok Selasa (4/6) hingga Jumat (7/6) melayani pada jam terbatas.

Sedang untuk RSUD dan44 Puskemas kecamatan yang tersebar di ibukota, Anies memastikan mereka siap melayani warga 24 jam.

"Di tingkat kelurahan memang diubah jamnya. Jadi kita jam setengah 8 sampai jam 12 siang di kelurahan, tapi di luar jam itu silakan datang ke kecamatan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pihaknya menyiapkan seperdelapan dari total seluruh tenaga medis. Sedang untuk pelayanan IGD tetap siaga 100 persen.

"Karena Puskesmas kan dua aspek upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat jadi lapangan libur. Tapi untuk layanan didalam gedung tetap masuk sesuai dengan jadwal," pungkas Widyastuti.

Kolom Komentar