Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Pantauan Kemenhub Pada Arus Mudik H-4 Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 02 Juni 2019, 15:33 WIB
Hasil Pantauan Kemenhub Pada Arus Mudik H-4 Lebaran
Situasi pemantauan CCTV dan Stand Dirjen Perhubungan Darat/RMOL
rmol news logo Kementerian Perhubungan (Kemhub) terus memantau perkembangan kondisi lalu lintas arus mudik hingga H-4 Idul Fitri 1440 Hijriah, salah satunya melalui fasilitas monitoring lapangan.

Berdasarkan data yang diperoleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, hasil monitoring lapangan dari hasil laporan posko angkutan lebaran di daerah kepada posko pusat melalui radio komunikasi terpantau pada Sabtu (1/6) pukul 20.00 WIB, Gerbang Tol Cikatama mengalami kenaikan volume.

"Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama berdasarkan hasil pemantauan drone di GT Cikatama mengalami kenaikan volume kendaraan, tapi tidak menyebabkan antrian," tulis dalam data yang diterima Kantor Berita RMOL, di Kemhub, Jakarta, Minggu (2/6).

Selain itu, kepolisian meniadakan contra flow (CF) pukul 18.58 WIB demi keselamatan pemudik karena minimnya penerangan lampu jalan. Pemberlakuan one way mulai KM 70 - KM 263 (Brebes barat) juga selesai pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, pada jalur utama ruas jalan Tol Semarang - Solo pukul 20.30 WIB, kepolisian menerapkan manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa one way dan contra flow.

"Dari arah Semarang menuju ke Solo dilakukan one way yang berawal dari Gerbang Tol Banyumanik hingga ke Simpang Susun Ungaran Km 430 dan dilanjutkan contra flow arus lalu lintas dari Km 430 hingga Km 433+800," jelas dalam data tersebut.

Sedangkan dari arah Solo menuju ke semarang, arus lalu lintas tersebut dikeluarkan di Km 430 Gerbang Tol Ungaran, sedangkan contra flow dan one way yang dilakukan tergantung situasional arus lalu lintas.

Selain itu, kondisi lalu lintas di pelabuhan penyebrangan Merak pukul 21.50 WIB ramai lancar dan di dermaga VII terdapat antrian kendaraan, baik roda 2 ataupun roda 4 yang sedang masuk ke kapal.

Selanjutnya hasil pemauntuan arus mudik ini akan diupdate per pukul 20.00 WIB setiap harinya.

Pemantauan kondisi lalu lintas dilakukan melalui fasilitas CCTV, monitoring lapangan serta berdasarkan data hasil traffic counting pada daerah pantauan tertentu.

Dari pantauan yang dilakukan, diperoleh gambaran mengenai kondisi lalu lintas terkini yang dapat digunakan sebagai informasi dan rekomendasi bagi pemudik yang akan melintas, serta kebijakan yang akan diambil oleh petugas seperti pengalihan arus lalu lintas, pemberian informasi lalu lintas, maupun imbauan keselamatan yang disampaikan melalui media informasi berupa Variable Message Sign (VMS), imbauan petugas, facebook, twitter dan sebagainya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA