Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mudik Gratis Selembur, Pemprov Jabar Sediakan 12.843 Kursi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Sabtu, 01 Juni 2019, 22:45 WIB
Mudik Gratis Selembur, Pemprov Jabar Sediakan 12.843 Kursi
Emil Lepas Mudik Gratis/RMOL Jabar
rmol news logo Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melepas peserta mudik program Mudik Gratis Salembur (Sasarengan Mudik Ka Lembur) Tahun 2019 di halaman depan Gedung Sate, Bandung, Sabtu (1/6).

"Hari ini kita melepas pemudik dari empat kota, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Sukabumi. Total ada 357 bus. Ini sebagian saja yang dilepas ke Jateng dan Jatim,” ucap Emil, sapaan akrabnya, seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jabar.

Emil mengatakan,  Pemrpov berupaya mewujudkan komitmennya untuk menyediakan layanan transportasi gratis yang aman dan nyaman bagi pemudik yang berangkat dari Jawa Barat.

“Mudah-mudahan selamat sampai tujuan, saya sangat berbahagia melihat orang lain berbahagia, dan mudah-mudahan mereka bisa melaksanakan lebaran dengan nyaman di kampung halamannya," ujar Emil.

Emol mengimbau kepada para pemudik agar tidak membawa sanak saudara maupun teman khususnya saat kembali nanti ke Jawa Barat.

"Ada pesan kalau bisa jangan bawa rombongan banyak-banyak kembali ke sini, kecuali punya modal dan punya skill yang memadai," ujar dia.

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Heri Antasari, program mudik gratis ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor saat mudik.

"Selain itu, juga untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara. Karena bagaimana pun pemudik kendaraan pribadi semakin banyak," kata Antasari.

Adapun kegiatan mudik geratis yang dikelola langsung Pemprov, lewat Dishub Jabar terdapat 110 bus. Dengan rincian ada 10 bus dari PT Telkom, dan 10 lainnya dari PT Jasa Marga, dan 90 bus dari pemprov Jabar.

"Yang dilaksanakan ini simbolis 35 bus di depan Gedung Sate,” tuturnya.

Selain bus yang mampu menambung 4.800 pemudik, Pemprov juga menyediakan 300 kursi kereta api.  Sedangkan jika ditotal dari empat kota, ada 357 bus, dan satu rangkaian kereta api dengan jumlah 12.843 untuk pemudik.

"Tahun depan harapannya dapat bertambah, " ujarnya.

Keberangkatan dari Kota Bandung, untuk kendaraan bus tersedia jurusan Bandung-Solo, Bandung-Jogja, Bandung-Semarang. Sementara Kereta Api tersedia jurusan Bandung-Surabaya.

Dishub Jabar juga menyediakan layanan angkut kendaraan roda dua dengan tiga truk. Satu truk bisa menampung sekitar 30-40 sepeda motor.

"Jadi pemudiknya naik bus ataupun kereta, kendaraan roda dua yang masih ingin mereka bawa kita bantu angkut menggunakan truk," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA