Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seberangkan Pemudik, Satu Kapal Bisa PP Merak-Bakauheni Empat Kali Sehari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 01 Juni 2019, 13:53 WIB
Seberangkan Pemudik, Satu Kapal Bisa PP Merak-Bakauheni Empat Kali Sehari
Syafrozi/RMOL
rmol news logo Puncak arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Banten terjadi pada Kamis malam hingga Jumat siang kemarin.

Adapun hari ini, Sabtu (1/6), hanya terpantau kepadatan terutama jelang pintu dermaga dan hendak naik ke kapal.

Karena ramainya pemudik baik roda dua dan empat, mereka harus sedikit bersabar antri hendak masuk dermaga dan naik kapal. Hitungan tunggu keduanya bisa memakan waktu sekitar tiga jam.

"Kalau Kamis malam kemarin antrinya sejak masih di tol. Dan mereka ada yang baru menyeberang (naik kapal) Jumat siang," kata Syafrozi di pintu Dermaga IV, Sabtu pagi.

Syafrozi adalah salah satu petugas PT Damai Lintas Bahari (DLB), salah satu perusahaan pelayaran yang bekerja sama dengan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengangkut pemudik dari Merak ke Bakauheni.

Kepada redaksi, Syafrozi menyebutkan tidak mengetahui secara pasti jumlah kapal yang dioperasikan pada arus mudik tahun ini. Hitungan-hitungan dia, ada sekitar 60-an kapal sementara pada hari-hari biasa hanya 30-an.

"Dan untuk moment mudik, satu unit kapal itu bisa empat kali PP (pulang pergi) dalam sehari, naik dari biasanya tiga kali. Tapi hari biasa juga sih sesekali bisa empat kali," tuturnya.

Meski pintu dermaga sudah ditambah, kini menjadi 7, tetap saja pemudik harus antri karena padatnya kenderaan. Dan inilah salah satu penyebab lamanya waktu menunggu masuk dermaga dan naik ke kapal.

Ditambahkan Syafrozi, hingga hari ini arus mudik di Merak berjalan dengan baik dan lancar. Tidak ada kejadian yang menyebabkan kecelakaan dan korban.

"Alhamdulillah penumpang sudah tertib, tapi satu-satu masih ada yang kurang bersabar," tutupnya sambil mendoakan pemudik selamat sampai tujuan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA