Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tentukan Idul Fitri, Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Senin Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 29 Mei 2019, 18:47 WIB
Tentukan Idul Fitri, Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Senin Besok
Sidang isbat penetapan ramadan/Net
rmol news logo Kementerian Agama (Kemenag) bakal kembali menggelar sidang isbat (penetapan) Idul Fitri 1440 H pada Senin (3/6) mendatang. Sidang akan dilakukan di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat. Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440H," kata Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin dilansir Setkab, Jakarta, Rabu (29/5).

Nantinya, kata Amin, sidang akan dihadiri oleh beberapa pejabat  mulai dari para duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

“Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah,” imbuhnya.

Di sisi lain, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim menjelaskan bahwa sidang isbat akan berisi pemaparan mengenai posisi hilal berdasarkan data hisab oleh pakar astronomi.

“Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Senin sore,” ujarnya.

Selepas Magrib, lanjut Agus, digelar Sidang Itsbat secara tertutup yang dipimpin oleh Menteri Agama. Dalam sidang tersebut, Direktur Urais dan Binsyar akan melaporkan hasil pemantauan hilal yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia.

“Laporan itu akan dijadikan dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA