Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pos Layanan Mudik Polres Gresik Bak Istana Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 29 Mei 2019, 12:00 WIB
Pos Layanan Mudik Polres Gresik Bak Istana Negara
Pos Mudik Polres Gresik/RMOL Jatim
rmol news logo Memanfaatkan momentum tahun politik, Polres Gresik membuat pos pengamanan dan layanan mudik lebaran 2019 yang berbeda dengan pos layanan lebaran kebanyakan. Pos yang disiapkan untuk tempat beristirahat para pemudik tersebut dirancang seperti miniatur Istana Negara.

Sekilas, pos pam dan pelayanan mudik itu mirip betul dengan Istana Negara, Jakarta.  Ada enam pilar berdiri menjulang. Di dalamnya terpasang foto para Presiden RI yang pernah memimpin di negara ini. Pos itu terlihat  mencolok di pinggir jalan kawasan Gresik Kota Baru (GKB).

“Tahun 2019 adalah tahun politik. Kami mengambil momen ini. Temanya menuju RI 1 yang disimbolkan dengan Istana Negara," terang Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jatim, Rabu (29/5).

Lebih jauh Wahyu mengatakan, pos ini merupakan command centre untuk memantau situasi arus lalu lintas di Gresik selama arus mudik. Pos ini juga dilengkapi ruang istirahat, tempat salat dan ruang pemeriksaan kesehatan bagi pemudik

"Ini command centre. Kita pantau arus lalu lintas dari sisn. Ada Musala dan pos kesehatan. Pemudik bisa istirahat di sini," ujar Wahyu.

Ditambahkan Wahyu, pos lainnya didirikan di samping SPBU Tebaloan. Pos itu mengusung tema Unity in Diversity (Bhinneka Tunggal Ika). Tema ini disimbolkan dengan rumah adat daerah.

Ada lima rumah adat yang berdiri yakni Rumah Gadang (Sumatera Barat), Joglo (Jatim), Rumah Banjar (Kalimantan), Rumah Bugis (Sulawesi), dan Honai (Papua).

"Dengan rumah adat ini kita dipersatukan dalam bingkai persatuan Indonesia," ujar Wahyu.

Ditambahkan Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardi Lestanto,  di pos pam didirikan di kawasan GKB karena diperkirakan kawasan ini rawan macet menjelang dan saat lebaran nanti. Adanya dua mal baru yakni Icon Mall dan Gress Mall diperkirakan akan menjadi daya tarik warga.

“Dua mal baru ini membuat kawasan di sekitarnya pasti ramai yang tentunya membuat lalu lintas menjadi padat hingga macet . Karena itu pos pam kami dirikan di sini," tandas Wikha. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA