Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebaran, Selain Peristiwa Keagamaan Juga Perpindahan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 25 Mei 2019, 10:57 WIB
Lebaran, Selain Peristiwa Keagamaan Juga Perpindahan Ekonomi
Foto:RMOL
rmol news logo Hari Raya Idul Fitri bukan hanya hari besar keagamaan umat Islam, tapi dari segi ekonomi juga ada pergerakan yang cukup signifikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Apalagi pergerakan ekonomi tersebut mampu membangkitkan UKM dan UMKM di daerah-daerah yang menjadi lokasi tujuan pulang kampung atau mudik Lebaran.

"Di sini ada peristiwa, pertama peristiwa budaya, ada juga peristiwa keagamaan. Tapi ingat, di sisi lain ada switching (perpindahan) ekonomi," kata Wakil Ketua Umum KADIN, Suryani S. Motik dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5).

Suryani menjelaskan bila hal ini wajar saja, dimana orang pulang kampung ingin berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama mereka.

Bagi penjual ciri khas baik oleh-oleh, makanan termasuk pernak-pernik ada kenaikan permintaan, dan ini menurut Suryani disebut juga dengan pasar musiman.

Terutama penjual UKM dan UMKM yang berada di rest area sepanjang jalan tol.

"Ini distribusi ekonomi, terutama untuk jenis usaha-usaha tertentu yang sifatnya musiman itu harus diperhatikan," tandas Suryani.

Itu sebabnya musim lebaran terutama mudik, sangat ditunggu oleh pihak-pihak UKM dan UMKM yang ada di daerah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA