Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar: Perusuh Aksi 21-22 Mei Itu Dikendalikan Sengkuni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 23 Mei 2019, 12:22 WIB
Ganjar: Perusuh Aksi 21-22 Mei Itu Dikendalikan Sengkuni
Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Gubernur Jawa Tengag Ganjar Pranowo mengatakan, ada sengkuni yang menjadi otak dibalik peristiwa kerusuhan yang terjadi 21-22 Mei di Jakarta. Polisi harus mengusut tuntas otak yang mendalangi peristiwa ini.

“Ada sengkuni yang memprovokasi, mereka ingin sesama anak bangsa berselisih. Ada setingan tertentu yang sengaja membuat rusuh republik ini. Saya mengutuk keras pola-pola semacam ini. Polri dibantu TNI harus mengusut siapa yang mengotaki perusuh ini,” tegas Ganjar, seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jateng, Kamis (23/5).

Sengkuni ini adalah orang yang memprovokasi massa dengan narasi tertentu sehingga membuat mereka menjadi tidak percaya dengan pemerintah dan aparat keamanan.

Politikus PDIP itu mengatakan, adanya pengerahan massa tak dikenal dari luar Jakarta dan ditemukannya amplop berisi uang, batu-batu di sebuah mobil dan senjata api membuktikan bahwa perusuh ini dikendalikan oleh pihak tertentu yang memiliki niat tidak baik terhadap NKRI.

Ganjar mengatakan, sejak awal dirinya mendorong masyarakat untuk menerima hasil pemilu dengan sportif dan kesatria. Apabila ada yang tidak puas, konstitusi telah menyediakan jalur yakni menggugat ke MK.

"Kalau mengikuti mekanisme, rakyat akan tenang. Sayangnya ada yang memprovokasi dengan istilah people power-nya itu, massa kalau sudah di jalan kan mudah digosok, jadilah bentrok seperti ini,” ujar dia.

Melihat kondisi yang seperti itu, Ganjar mengajak seluruh elite politik untuk segera mengambil sikap. Para tokoh politik, tokoh agama, tokoh masyarakat harus bertindak cepat untuk mendinginkan suasana.

“Semua membutuhkan ketenangan batin. Saya minta para tokoh ayo segera mengademkan situasi dengan menunjukkan kedamaian. Kami rindu dan sangat berharap pak Jokowi dan pak Prabowo bisa bersalaman, berfoto bersama dan saling berangkulan untuk mendinginkan situasi ini," harapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA