Wisatawan Asal Amerika Selatan Terkesima Nonton Tari Meras Gandrung

Selasa, 21 Mei 2019, 05:10 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

Foto: Istimewa

Wisatawan asal Suriname, Amerika Selatan Albert Karijosemito mengaku sangat terkesima saat melihat sendratari Meras Gandrung di Banyuwangi.

"Event ini di luar ekspektasi saya. Tadinya saya pikir akan melihat pertunjukan biasa. Ternyata, mulai dari awal sampai akhir pertunjukan saya dibuat kagum,” ujarnya.

Tak sekedar menyajikan tarian yang eksotis, menurut Albert, lokasi diselenggarakannya pementasan ini juga tak kalah menarik. Sendratari tersebut mengambil lokasi di tempat eksotis, Amfiteater Taman Gandrung Terakota – Jiwa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi. Amfiteater ini menawarkan pemandangan dengan latar belakang kawasan persawahan berupa ratusan patung terakota berwujud penari Gandrung yang tersebar di sekitar persawahan 600 meter di atas permukaan laut.

“Ini benar-benar paket pertunjukan lengkap. Tariannya bagus, ditunjang lokasinya yang sangat menarik, di sebuah pegunungan hijau yang eksotis," tutur Albert.

Hal sama diungkapkan juga diungkapkan oleh Yong Sreymon, wisatawan asal Kamboja. Ia juga memuji keindahan Taman Gandrung Terakota lokasi diadakannya sendratari Meras Gandrung.

"Berada di sini, kita bisa menyaksikan salah satu tarian menarik yang ada di Indonesia. Tempatnya bagus," kata Yong.

Berada di kawasan Taman Gandrung terakota, pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Ijen yang memiliki tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl) di sisi barat. Di Ijen itulah terdapat kawah yang memancarkan api biru (blue flame) yang mendunia. Saat menengok ke timur, akan terlihat birunya Selat Bali.
Tag:

Kolom Komentar