Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa M 4,9 Guncang Kabupaten Malang, Tidak Berpotensi Tsunami

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 17 Mei 2019, 00:23 WIB
Gempa M 4,9 Guncang Kabupaten Malang, Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi Seismograf/Net
rmol news logo Gempa bumi tektonik mengguncang Kabuaten Malang, Jawa Timur pada Kamis (16/5), pukul 21.39 WIB kemarin. Sumber gempa tersebut berlokasi di laut, tepatnya 82 KM barat daya Kabupaten Malang, pada kedalaman 10 KM.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta, Dr. I Nyoman Sukanta menjelaskan, gempa bumi tersebut berkategori dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Malang, Karangkates, Pandaan, Lumajang, Blitar dan Pacitan, dalam skala intensitas II-III MMI," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (17/5).

Lebih lanjut ia menjelaskan, monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya gempa bumi susulan. Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

"Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA