Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyuwangi Gelar Bazar Batik Ramadan 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 16 Mei 2019, 16:23 WIB
Banyuwangi Gelar Bazar Batik Ramadan 2019
Bazar batik Banyuwangi/Net
rmol news logo Pada Ramadan tahun ini, Banyuwangi menggelar bazar yang unik, yakni bazar batik. Di bazar ini, berbagai kain batik dijual dengan harga miring.

Dikatakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ini bagian dari upaya mempromosikan batik Banyuwangi kepada masyarakat luas. Anas berharap agar Batik Banyuwangi bisa menjadi bagian dari busana Idul Fitri masyarakat.

“Batik ini kan sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, maka kami ingin agar batik lebih banyak dikenakan warga, termasuk saat perayaan Idul Fitri ini," kata Anas, Kamis (16/5).

Anas menjelaskan, bazar batik yang baru pertama kali digelar ini juga untuk memfasilitasi para perajin batik menjual karyanya. Bazar ini digelar di halaman Galeri Batik Banyuwangi, Jalan Ahmad Yani.

Dibuka dari tanggal 13 hingga 23 Mei 2019, bazar ini dibuka mulai pukul jam 09.00 WIB – 21.00 WIB.

“Kami ingin agar para pembatik ini juga mendapat berkah rejeki di bulan puasa ini, kita dorong mereka untuk menjual karyanya saat Ramadan. Sekaligus promosi bahwa di Banyuwangi telah ada pusat batik, galeri batik Banyuwangi,” kata Anas.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sih Wahyudi, menambahkan bahwa batik yang dijual adalah batik khas Banyuwangi dengan beragam motif.

Harga yang dibandrol pun cukup terjangkau, berkisar antara Rp 85 ribu hingga Rp 100 ribu per biji.

"Untuk sementara, yang kami jual adalah batik cap dan batik semi tulis dengan aneka motif asli batik Banyuwangi. Mulai dari motif Sekar Jagad Blambangan, Gajah Uling, Gedegan, Liris, hingga motif Blarak Semplah," kata Sih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA