Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lokomotif Terbakar, KA Mutiara Selatan Mogok Di Tasik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 16 Mei 2019, 14:24 WIB
Lokomotif Terbakar, KA Mutiara Selatan Mogok Di Tasik
Lokomotif KA Mutiara Selatan /RMOL Jabar
rmol news logo Kereta Api Mutiara Selatan yang tengah melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Bandung, tiba-tiba mogok di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (16/5) pagi. Bagian mesin lokomotif bernomor CC 2061354 itu terbakar dan mengeluarkan asap tebal.

Peristiwa ini terjadi di Kampung Kudang, Desa Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis pagi. Beruntung, api yang muncul tidak sampai membakar habis lokomotif, karena kereta api keburu berhenti.

Api sendiri dapat dipadamkan lebih cepat, berkat kerja sama petugas masinis, pihak keamanan kereta api dan penumpang.

Insiden ini membuat penumpang KA Mutiara Selatan terlantar menunggu di lokasi kejadian sampai lokomotif bantuan datang dari Stasiun Tasikmalaya. Para penumpang kembali melanjutkan kembali perjalanan dengan lokomotif bantuan sekitar pukul 10.30 WIB siang.

Menurut pengakuan salah seorang saksi bernama Mimin, kebakaran terjadi sekitar pukul 06.00 WIB pagi. Ia sempat mendengar suara ledakan keras dari arah lokomotif yang disusul dengan munculnya asap tebal.

”Saya kaget juga ketika mendengar adanya suara ledakan keras. Saat melihat lokomotif kereta api mengeluarkan asap dan api dari mesin, saya langsung berteriak ada api. Untung saja kereta berhenti dekat rumah saya,” ujar Mimin seperti dilansir RMOL Jabar, Kamis (16/5)

Menurut pengakuan penumpang lainnya bernama Joko, awalnya ia mengira kereta api berhenti karena menabrak orang. Namun setelah melihat kepulan asap dan bau solar menyengat, Joko sadar ada yang tidak beres dengan KA yang ditumpanginya.

“Saya langsung bangun dan melihat ada kebakaran,” aku penumpang asal Surabaya tersebut.

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan dari pihak PTKAI terkait mogoknya Kereta Api Mutiara Selatan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA