14 Perlintasan Sebidang Kereta Di DKI Sudah Ditutup

Selasa, 14 Mei 2019, 15:40 WIB
Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko/RMOL

Pemeritah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan penutupan perlintasan sebidang kereta api secara bertahap sejak 2017 lalu. Ada 20 perlintasan sebidang yang ditargetkan akan ditutup.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko mengatakan bahwa secara operasional, penutupan dilakukan setelah ada fasilitas pengganti yang dibangun.

“Ini bertahap. Tentu dari persiapan-persiapan. Kita bicara tahun 2019 ini ada pembangunan fly over di Tanjung Barat sama Pasar Minggu dengan ada fly over itu tentu ada penutupan lagi. Jadi kita sama sama lah," katanya di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (14/5).

Dari 20 target penutupan perlintasan sebidang, sebanyak 14 perlintasan sudah ditutup. Di antaranya Rawa Buaya 1 Lintas Duri-Tangerang, Rawa Buaya 2 Lintas Duri-Tangerang, Jalan Letjend Suprapto Jalur lingkar Jakarta, Jalan Kramat Bunder Jalur Lingkar Jakarta, Lapangan Roos 1 Lintas Manggaral-Bogor, dan Jalan Lapangan Roos 2 Lintas Manggarai Bogor.

Selanjutnya ada TB Simatupang Lintas Manggarai Bogor, Pondok Kopi/ Penggilingan Lintas Manggarai Bekasi, Jalan Pejompongan 1 lintas Tanah Abang Seropong, Jalan Pasar Minggu Lintas Manggarai Bogor, Jalan Bandengan Utara Jalur lingkar Jakarta, Jalan KH. Hasyim Ashari Jalur Lingkar Jakarta, Jalan Bandengan Selatan Jalur lingkar Jakarta, dan Jalan Angkasa Jalur lingkar Jakarta.

Sementara itu, ada dua perlintasan sebidang yang batal ditutup, yakni di Jalan Pejompongan 2. Lintas Tanah Abang Serpong dan Karet Bivak.

"Dua Perlintasan ini batal di tutup karena Jalur alternatif tidak ada dan arus lalulintas sangat tinggi," tambahnya.

Sedang empat perlintasan lain yang masih belum ditutup karena karena terkendala arus lalulintas adalah Jalan Pramuka 1 Jalur lingkar Jakarta, Jalan Pramuka 2 Jalur lingkar Jakarta, Jalan Tubagus Angke Jalur lingkar Jakarta, dan Jalan Makam Pahlawan Kali Bata Lintas Manggarai Bogor.

Kolom Komentar


Video

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

Kamis, 08 Agustus 2019
Video

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Jumat, 09 Agustus 2019
Video

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Rabu, 14 Agustus 2019