Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buah Krai Khas Banyuwangi Diburu Saat Bulan Ramadan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 13 Mei 2019, 08:27 WIB
Buah Krai Khas Banyuwangi Diburu Saat Bulan Ramadan
Berjualan buah krai/Net
rmol news logo Banyuwangi punya makanan yang khas setiap bulan puasa, yaitu buah Krai.

Buah ini kerap diburu oleh pembeli karena menjadi bahan utama minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Para pedagang pun panen rezeki dan omsetnya bisa mencapai Rp 2 juta per hari.

Bentuk buah krai mirip dengan timun suri, namun dengan daging buah yang berwarna orange cerah. Warna kulitnya cenderung kuning dengan sulur kehijauan.

Buah ini rasanya hampir sama dengan buah blewah, namun tekstur daging buahnya lebih lembut. Aroma buah yang masak juga jauh lebih harum dibanding blewah.

Buah ini biasanya disajikan dengan air gula yang sudah dilarutkan dengan air terlebih dahulu. Di campur es batu, rasanya makin nikmat dan segar.

Selama bulan Ramadan banyak pedagang dadakan yang menjual buah krai di Banyuwangi. Salah satu pedagang yang berjualan buah krai adalah Suripah (60) bersama anaknya Ana (32).

Suripah berjualan di pinggir jalan nasional Kabat-Banyuwangi bersama dengan beberapa pedagang lainnya. Tempat ini sejak lama memang telah menjadi pusat penjualan buah krai selama Ramadan di Banyuwangi.

“Pertama kali yang berjualan di kawasan sini adalah Bapak saya, mulai tahun 80-an. Bapak satu-satunya pedagang di sini. Dulu masih memakai alas tikar untuk berjualan, tidak pakai lapak seperti sekarang. Sekarang saya dan ibu yang meneruskan  usaha ini,” kata Ana saat menceritakan awal keluarganya berjualan buah musiman ini.

Lapak Ana dan ibunya mulai dibuka pada pukul 07.00 wib hingga pukul 17.00 . Buah Krai dijual secara eceran atau bijian oleh Ana dan ibunya. Harganya mulai Rp 3.000 untuk ukuran yang paling kecil dan Rp 20 ribu untuk ukuran terbesar.

Dalam satu hari omsetnya bisa mencapai Rp 2 juta atau jika sedang sepi minimal bisa mengantongi Rp 700 ribu.

“Alhamdulillah karena adanya cuma bulan puasa, ya setiap jualan diserbu pembeli. Kami sendiri mulai jualan sudah sejak puasa kurang dua hari, biasanya nanti sampai beberapa hari setelah lebaran. Maklum, banyak pemudik yang juga kangen buah ini, banyak plat mobil luar kota yang mampir beli,” kata Ana.

Di Banyuwangi, Kecamatan Kabat termasuk salah satu sentra penanaman buah krai. Bapaknya sendiri, kata Ana, menjadi pengepul buah krai di wilayah Kabat yang menjual kembali pada pedagang eceran.

“Selama bulan puasa, Bapak bisa menebas hingga lima hektar tanaman buah krai. Satu hektar bisa ribuan buah krai, untuk dijual lagi ke pedagang lain,” ujar Ana.

Ana pun mengaku kalau pendapatan penjualan buah krai selama Ramadhan cukup menguntungkan. Semua hasilnya selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga juga diputar kembali untuk usaha jualan sayur mayur di luar bulan Ramadan.

"Alhamdulillah, rejeki terus mengalir saat berjualan krai di Ramadan ini. Karena krai ini memang hanya ada saat puasa, jadi pembeli benar-benar memburu buah ini," kata Ana.

Sementara itu salah satu pembeli, Sofiana asal Denpasar mengatakan dirinya selalu membeli krai bila sedang bepergian ke Banyuwangi. Minuman ss krai telah menjadi salah satu menu favorit takjil keluarganya saat puasa.

“Seger banget rasanya. Kalau ke Banyuwangi saat puasa, kami pasti mampir beli. Minuman ini hampir selalu ada di menu buka puasa keluarga kami. Kami juga suka nitip ke kerabat kalau ada yang ke Banyuwangi, untuk membelikan buah ini” ujar Sofiana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA