Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM Diminta Investigasi Penggusuran Kampung Tambakrejo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 12 Mei 2019, 14:15 WIB
Komnas HAM Diminta Investigasi Penggusuran Kampung Tambakrejo
Foto: Dok
rmol news logo Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) mengutuk penggusuran yang dilakukan secara sewenang-wenang dan menyengsarakan nelayan di Tambakrejo, Semarang.

"Kami mengutuk penggusuran yang dilakukan secara sewenang-wenang dan menyengsarakan kehidupan nelayan di Tambakrejo, Semarang,” ujar Sekretaris Jenderal Kiara, Susan Herawati dalam keterangan tertulisnya.

Susan meminta Pemerintah Kota Semarang beserta Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana untuk bertanggung jawab. Pasalnya, kata dia penggusuran puluhan rumah warga Kampung Tambakrejo di luar kesepakatan bersama Komnas HAM pada akhir tahun lalu.

“Kami meminta komandan Satpol PP Kota Semarang untuk bertanggung jawab atas pemukulan dan intimidasi yang dilakukan kepada pengacara publik LBH Semarang, serta kepada masyarakat Tambakrejo," ujarnya.

Dia juga menuntut untuk menghentikan penggusuran dan dikembalikannya tanah masyarakat di Tambakrejo yang dibangun oleh keringat mereka sendiri.

"Meminta kepada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk memberikan dukungan dan solidaritas untuk 97 keluarga yang telah digusur," ajaknya.

Selain itu, Komnas HAM diminta segera turun dan melakukan investigasi terhadap penggusuran yang dinilai sarat intimidasi dan pemukulan itu.

"Meminta masyarakat Tambakrejo untuk tetap mempertahankan dan memperjuangkan tanah mereka serta hak untuk tinggal di kawasan tersebut," ujar Susan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA