Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lulusan Perguruan Tinggi Harus Mampu Berkontribusi Kepada Masyarakat

Jumat, 10 Mei 2019, 08:12 WIB
Lulusan Perguruan Tinggi Harus Mampu Berkontribusi Kepada Masyarakat
rmol news logo Perguruan tinggi harus mampu menyiapkan lulusannya agar siap berkontribusi kepada masyarakat, bukan hanya siap bersaing di dunia kerja. Sebab, ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya.

Rektor Universitas Trilogi Shahnaz Ubud mengatakan, agar lulusan perguruan tinggi siap berkontribusi kepada masyarakat, maka dibutuhkan perhatian ekstra terhadap program pengabdian masyarakat.

"Pengabdian pada masyarakat ini harus mendapatkan perhatian lebih. Sebab di era Revolusi Industri 4.0 saat ini keterlibatan masyarakat menjadi lebih sedikit," kata Shahnaz di Jakarta.

Makanya, lanjut Shahnaz, diperlukan suatu langkah maju ke era masyarakat 5.0 yang memberikan porsi lebih kepada sektor pengabdian. Dia memberikan contoh tentang kampusnya yang mempunyai desa pengabdian yang di dalamnya banyak membantu menyelesaikan masalah terkait perdesaan.

"Begitu juga dosen-dosen, hasil penelitian tidak hanya sekadar jurnal, tapi bisa diterapkan di masyarakat," ujar Shahnaz.

Sebelumnya, Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi terutama politeknik harus mampu mengembangkan potensi sumber daya alam dan manusia setiap daerah, sekaligus mendorong perekonomian daerah tersebut.

Nasir menjelaskan, salah satu fokus utama (Kemenristekdikti) yakni mengembangkan pendidikan vokasi dan politeknik agar dapat menjadi motor penggerak penghasil sumber daya manusia terampil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA