Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harga Bawang Putih Bakal Stabil Di Rp 35 Ribu/Kg

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 10 Mei 2019, 22:39 WIB
Harga Bawang Putih Bakal Stabil Di Rp 35 Ribu/Kg
Bawang Putih/Net
rmol news logo Harga bahan pokok, khususnya bawang putih, yang sempat melonjak di awal Ramadan telah kembali stabil. Hal ini seiring dengan musim panen yang terjadi di daerah Brebes, Nganjuk, dan Bima.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti menjelaskan bahwa harga bawang putih kini stabil di angka Rp 35 ribu per kg.

Bawang putih yang memang ada kenaikan. Namun, saya sudah dapat laporan hampir semua pasar swalayan harga jual bawang putih Rp 35 ribu per kg. Saya akan inspeksi ke ritel-ritel lain,” kata Tjahya saat inspeksi ke Giant Bintaro, Jumat (10/5).

Dia memastikan akan mematok harga bawang putih di angka tersebut. Ada dua jalur ketersediaan pasokan dan stabilitas harga (KPSH) terhadap bahan pokok yang dilakukan untuk menstabilkan harga bawang putih.

Pertama, jalur ritel modern dan kedua jalur pasar tradisional. Di ritel modern ini, Tjahya mengaku telah berkoordinasi dengan Aprindo untuk menjual bawang putih seharga Rp 35 ribu per kg.

“Kemudian di jalur pasar tradisional, kita gunakan distributor-distributor yang memang sudah mempunyai perikatan dengan para importir ini, untuk dia menggelontorkan bawang putihnya ke pasar-pasar tradisional, sehingga harga nanti bisa terkendali. Kita masih berpatokan harga 35 ribu,” jelas dia.

Atas alasan itu, dia menilai para pedagang atau pelaku distribusi pangan tidak lagi memiliki alasan untuk menaikkan harga bahan pokok. Apalagi, setelah seluruh jajaran Kementerian Perdagangan turun ke lapangan ternyata kondisi stok untuk bahan pokok semua aman.

“Kalau memang terjadi gejolak-gejolak, itu kami akan turun dan segera kami penuhi pasar supaya harga itu turun. Jadi dari pantauan kami, Insya Allah stok puasa sampai lebaran aman semua,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA