Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jangan Menjauhi Penyandang Lupus!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 28 April 2019, 08:44 WIB
Jangan Menjauhi Penyandang Lupus<i>!</i>
Foto: RMOL
rmol news logo Lupus adalah penyakit tidak menular dan masyarakat yang lebih sehat tidak perlu menghindar atau menjauhi para penyandang lupus.

Pesan tersebut disampaikan aktifis kesehatan, Sumaryono di sela peringatan Hari Lupus Dunia saat car free day di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (28/4).

Sumaryono menjelaskan, lupus adalah penyakit yang timbul dari dalam tubuh penderitanya sendiri di mana kondisi tersebut sistem imunitas justru menyerang tubuh.

"Lupus penyakit yang menyerang dan melawan tubuh kita sendiri atau umumnya disebut autoimun dan hampir bisa menyerang semua anggota tubuh kita," ujarnya.

Ada banyak gejala awal lupus di antaranya rambut rontok, sariawan yang cukup lama, peradangan sendi hingga keguguran berulang pada perempuan usia produktif.

Terpenting, lanjut Sumaryono, jika ada di lingkungan sekitar yang didiagnosa mengidap lupus maka tetap dampingi dan beri dukungan psikologis.

"Penderita lupus sama seperti manusia sehat, hanya sistem imunitas saja terganggu dan itu bukanlah persoalan untuk menjadi kawannya," tukasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA