Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Petugas Pemilu Sakit, KPU Gresik Terjunkan Tim Medis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/tuahta-arief-1'>TUAHTA ARIEF</a>
LAPORAN: TUAHTA ARIEF
  • Sabtu, 27 April 2019, 04:44 WIB
Cegah Petugas Pemilu Sakit, KPU Gresik Terjunkan Tim Medis
Periksa kesehatan/RMOLJatim
rmol news logo Akibat kelelahan saat melaksanakan proses pemunggutan suara di wilayah Kabupaten Gresik, sedikitnya tercatat 9 orang yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) sakit dan seorang meninggal dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Untuk mencegah agar tidak semakin banyak petugas pemilu 2019 yang jatuh sakit akibat kelelahan, Tim medis diterjunkan ke sejumlah Kantor Kecamatan yang berada di Kabupaten Gresik.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kebomas Ali Sugiarto, menyambut baik adanya tim medis yang diterjunkan untuk memantau kondisi kesehatan para petugas pemilu.

"Saya sangat mengapresiasi langkah ini, sebab dengan adanya tim medis dilokasi tempat penghitungan surat suara. Maka, jika terjadi gangguan kesehatan pada petugas pemilu bisa segera diberi pertolongan," katanya kepada RMOLJatim, Jumat (26/4).

"Banyaknya petugas pemilu yang jatuh sakit, memang kebanyakan karena kelelahan. Karena, pemilu 2019 diselenggarakan secara serentak baik untuk Pilpres maupun Pilegnya. Sehingga, butuh waktu dan tenaga yang ekstra bagi petugas pemilu untuk menyelesaikan tugas-tugasnya," ujarnya.

Sementara itu, Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Kabupaten Gresik Makmun mengatakan pihak memang sengaja menempatkan tim medis untuk mengantisipasi jika ada petugas pemilu yang mengalami gangguan kesehatan.

"Dengan disiapkannya tenaga medis ini, kami harapkan jika ada petugas pemilu yang sedang melakukan rekapitulasi data suara. Tiba-tiba jatuh sakit, mungkin karena kelelahan atau hal lainnya bisa langsung ditangani," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA