Banyuwangi Gelar Lomba Bersepeda Pakai Kebaya

Selasa, 16 April 2019, 02:39 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

Foto/Net

Sebagai bentuk apresiasi terhadap perempuan, Pemkab Banyuwangi menggelar ajang kompetisi Women Cycling Challenge (WCC).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengundang seluruh perempuan pencinta olah raga sepeda bergabung di kompetisi WCC yang akan digelar pada 27 April 2019 mendatang di kaki Gunung Ijen.

"Ini bentuk apresiasi kami kepada para perempuan penghobi sepeda yang komunitasnya terus meningkat di Indonesia," ujar Anas di Banyuwangi, Senin (15/4).

Menurutnya, biasanya peserta lomba balap sepeda kebanyakan digeluti dan diikuti oleh laki-laki. Namun, khusus merayakan Hari Kartini, Pemkab Banyuwangi menggelar kompetisi untuk perempuan.

Berbagai kompetisi sepeda menarik akan memeriahkan event yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Kartini di Banyuwangi ini. Mulai dari ekshibisi, kebaya ride (2,4 kilometer), fun ride (70,9 kilometer), dan challenge ride (70,9 kilometer).

"Kalau kebanyakan lomba balap sepeda pesertanya adalah laki-laki maka di momen Hari Kartini ini kami gelar balap sepeda khusus perempuan," jelas Anas.

Kompetisi juga digelar sebagai ajang sharing bagi para perempuan agar bisa saling menginspirasi dan mengedukasi, bukan sekedar berkompetisi.

"Ini juga bentuk kampanye mengajak para pengguna jalan umum untuk saling respect, protect, dan educate untuk menciptakan rasa nyaman dan aman bersepeda di jalan," ujar Anas.

Trek yang dilalui peserta adalah jalan-jalan protokol perkotaan, areal persawahan, perkebunan karet dan cengkeh. Selain juga dihibur beragam atraksi seni seperti barong using dan musik angklung di sepanjang jalan yang dilalui. Adapun, pendaftaran peserta bisa dilakukan di www.banyuwangisport.com.
Editor:

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019