Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kementan Gelar Ujicoba Biodiesel B100, Diklaim Mampu Perkuat Ketahanan Energi Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 15 April 2019, 13:33 WIB
Kementan Gelar Ujicoba Biodiesel B100, Diklaim Mampu Perkuat Ketahanan Energi Nasional
Mentan ujicoba biodiesel B100/RMOL
rmol news logo Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar uji coba perdana Biodiesel B100 sebagai produk lokal unggulan yang dinilai mampu memperkuat ketahanan energi nasional.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, Biodiesel B100 merupakan inovasi karya anak bangsa mewujudkan energi baru terbarukan yang mampu menghemat sumber daya energi nasional.

"B100 adalah energi masa depan kita. Ini adalah peluang besar karena produksi CPO kita sebanyak 41,6 juta ton. Ke depan kita sudah tidak akan tergantung lagi dengan BBM," kata Amran kepada wartawan di Kantor Pusat Kementan, Senin (15/4).

Amran menjelaskan, Biodiesel B100 adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami yang terbarukan seperti minyak dari kelapa sawit. Selain itu, kata Amran, pengembangan B100 Biodiesel mengandung 100 persen bahan alami, tanpa dicampur dengan BBM.

"Produk B100 merupakan salah satu inovasi yang dihasilkan oleh Kementan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan)," kata Amran.

Lebih lanjut, Amran juga menilai penggunaan B100 Biodiesel dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesejahteraan petani sawit.

"Dalam situasi ini, peningkatan daya serap biodiesel ini dapat menjadi fondasi kita untuk menciptakan hilirisasi sawit dengan produk akhir yang lain," demikian Amran. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA