Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini 6 Wilayah Rawan Pemilu...

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/tuahta-arief-1'>TUAHTA ARIEF</a>
LAPORAN: TUAHTA ARIEF
  • Minggu, 14 April 2019, 20:49 WIB
Ini 6 Wilayah Rawan Pemilu...
rmol news logo Kapolda Lampung Irjenpol Drs. Purwadi Arianto, MSi mengatakan ada enam kabupaten yang dinyatakan rawan pelaksanaan pemilu yang jatuh pada 17 April 2019.

Hal itu dikatakannya pada Apel Gelar Pergeseran Pasukan Operasi Mantab Brata tersebut, Kapolda mengatakan ada enam kabupaten yang dinyatakan rawan pelaksanaan pemilu yang jatuh pada 17 April 2019.

Keenam kabupaten tersebut adalah Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten ampung Tengah, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Lampung Barat.

Selain keenam kabupaten yang diperkirakan rawan, Polda Lampung juga mencatat ada 310 TPS rawan, dan 108 TPS sangat rawan dari 26.265 jumlah TPS yang ada di Provinsi Lampung.

"Hasil evaluasi intelejen,daerah rawan sudah disikapi, dan sudah dilengkapi dengan petugas, ada pengamanan terbuka dan tertutup, jaminan TNI Polri, agar tidak ada intimidasi dan provokasi ke warga," ujar Irjenpol Purwadi Arianto.

Faktor yang menentukan kerawanannya dilihat dari potensi terorisme, konflik sosial,  dan kasus kriminalitas."Faktor  rawan tersebut sudah di-maping sedemikian rupa, sehingga sesuai kebutuhan kerawanan daerah," katanya.

Untuk mengantisipasinya, konflik sosial hingga intimidasi, aparat sudah menyiapkan upaya preventif, hingga represif. Bahkan, sniper juga disiapkan di posisi-posisi tertentu.

"Kalau penindakan sudah ada SOP, mulai dari teguran lisan, penggunaan tangan kosong lunak, tangan kosong keras hingga senjata api. Untuk itu (red sniper) saya rasa sudah ada pasukannya di TNI dan Polri, tapi kita utamakan soft power," katanya.

Pada apel tersebut, Irjenpol Purwadi Arianto didampingi Danrem 043 Gatam Kolonel Inf. Taufiq Hanafi, Danlanal Lampung Kolonel Laut Albertus Agung Priyo S, Danbrigif 4 Marinir BS Kolonel Marinir Ahmad Mulyono, SE, MM.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA