Ini 6 Wilayah Rawan Pemilu...

Minggu, 14 April 2019, 20:49 WIB
Laporan: Tuahta Arief
Kapolda Lampung Irjenpol Drs. Purwadi Arianto, MSi mengatakan ada enam kabupaten yang dinyatakan rawan pelaksanaan pemilu yang jatuh pada 17 April 2019.

Hal itu dikatakannya pada Apel Gelar Pergeseran Pasukan Operasi Mantab Brata tersebut, Kapolda mengatakan ada enam kabupaten yang dinyatakan rawan pelaksanaan pemilu yang jatuh pada 17 April 2019.

Keenam kabupaten tersebut adalah Kabupaten Mesuji, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten ampung Tengah, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Lampung Barat.

Selain keenam kabupaten yang diperkirakan rawan, Polda Lampung juga mencatat ada 310 TPS rawan, dan 108 TPS sangat rawan dari 26.265 jumlah TPS yang ada di Provinsi Lampung.

"Hasil evaluasi intelejen,daerah rawan sudah disikapi, dan sudah dilengkapi dengan petugas, ada pengamanan terbuka dan tertutup, jaminan TNI Polri, agar tidak ada intimidasi dan provokasi ke warga," ujar Irjenpol Purwadi Arianto.

Faktor yang menentukan kerawanannya dilihat dari potensi terorisme, konflik sosial,  dan kasus kriminalitas."Faktor  rawan tersebut sudah di-maping sedemikian rupa, sehingga sesuai kebutuhan kerawanan daerah," katanya.

Untuk mengantisipasinya, konflik sosial hingga intimidasi, aparat sudah menyiapkan upaya preventif, hingga represif. Bahkan, sniper juga disiapkan di posisi-posisi tertentu.

"Kalau penindakan sudah ada SOP, mulai dari teguran lisan, penggunaan tangan kosong lunak, tangan kosong keras hingga senjata api. Untuk itu (red sniper) saya rasa sudah ada pasukannya di TNI dan Polri, tapi kita utamakan soft power," katanya.

Pada apel tersebut, Irjenpol Purwadi Arianto didampingi Danrem 043 Gatam Kolonel Inf. Taufiq Hanafi, Danlanal Lampung Kolonel Laut Albertus Agung Priyo S, Danbrigif 4 Marinir BS Kolonel Marinir Ahmad Mulyono, SE, MM.

EDITOR: TUAHTA ARIEF

Kolom Komentar


Video

Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

Rabu, 13 November 2019
Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019