Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PLN Pasok Listrik Untuk 23.148 Pelanggan Di Manggarai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 12 April 2019, 05:07 WIB
PLN Pasok Listrik Untuk 23.148 Pelanggan Di Manggarai
Menteri ESDM Ignasius Jonan resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) Flores berkapasitas 20 Megawatt (MW) di Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/4)./RMOL
rmol news logo Menteri ESDM Ignasius Jonan resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) Flores berkapasitas 20 Megawatt (MW) di Dusun Rangko, Desa Tanjung Boleng, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (11/4).

Jonan menjelaskan bahwa manfaat dari beroperasinya PLTMG MPP Flores antara lain untuk meningkatkan pasokan listrik di sistem kelistrikan Manggarai yang mampu memasok listrik untuk ± 23.148 pelanggan rumah tangga 900 VA dan meningkatkan rasio elektrifikasi di pulau Flores.

“Pembangunan PLTMG Flores 20 MW ini sebagai bukti pemerintah mendorong penggunaan gas, dan mengurangi penggunaan minyak, karena biaya produksinya bisa jauh lebih murah, menghasilkan potensi penghematan BBM senilai Rp10 miliar, dengan BPP murah tentu akhirnya akan berpengaruh kepada efisiensi dan ujungnya pada tarif,” Kata Jonan.

Selain itu, Jonan juga meresmikan 2 transmisi (SUTT) dan 3 Gardu Induk (GI), yakni, Saluran Udara Tegangan Tinggi 70 kiloVolt Labuan Bajo �"  Ruteng, Gardu Induk Labuan Bajo, Saluran Udara Tegangan Tinggi 70 kiloVolt Ruteng �" Ulumbu,  Gardu Induk Ruteng dan Gardu Induk Ulumbu.

Untuk diketahui, peresmian ini disaksikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian ESDM FX. Sutijastoto, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Dirreg JTBN) PLN Djoko R. Abumanan, Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Josef Nai Soi, serta Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula. Peresmian infrastruktur ketenagalistrikan ini juga dihadiri oleh Kepala Suku, Tokoh Masyarakat, dan warga setempat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA