Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mandi Awet Muda Di Sendang Geulis Kahuripan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/tuahta-arief-1'>TUAHTA ARIEF</a>
LAPORAN: TUAHTA ARIEF
  • Jumat, 12 April 2019, 04:55 WIB
Mandi Awet Muda Di Sendang Geulis Kahuripan
Sendang Geulis Kahuripan/RMOLJabar
rmol news logo Eksotisme alam Kabupaten Bandung Barat memang tak ada habisnya. Suasana sejuk ditengah kebun teh dan merasakan segarnya mandi dalam air awet muda tergambar di Sendang Geulis Kahuripan.
Berada di Kampung. Cilangkob RT.03 RW.03 Desa. Ganjarsari, Kecamatan. Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Obyek wisata di area milik Perhutani ini menjadi destinasi wisata baru pilihan warga.

Sendang Geulis Kahuripan, merupakan sebuah kolam kecil dengan kedalaman tak lebih dari 150 centimeter. Namun, airnya jernih dan menyegarkan hingga wisatawan berbagai daerah rela menyusuri perkebunan Teh Pangheotan enam kilometer untuk sampai di lokasi.

Kusnadi (57) warga asli yang kini diangkat menjadi Bendahara LMDH Ganjarsari menuturkan, sesuai namanya Sendang berarti kolam alami di pegunungan atau merujuk istilah Sindang dalam kata sunda berarti singgah. Sementara Geulis, tentu berarti cantik dalam bahasa masyarakat tatar pasundan.

"Sehingga Sendang Geulis memiliki makna dan harapan banyak wisatawan singgah di kolam cantik ini," ungkap Kusnadi kepada RMOLJabar, Kamis (11/4).

Diterangkannya, luas kawasan obyek wisata kurang lebih tiga hektar, namun akses jalan sepanjang enam kilometer menggunakan aset milik perkebunan Pangheotan.

Ada tiga kolam alami yang kini dikelola LMDH, sementara satu kolam buatan berukuran cukup besar milik swasta. Lantaran berada di lembah dikelilingi kebun teh dan rimbunnya pohon, pengunjung dimanjakan suasana segar oksigen murni.

"Banyak juga yang meyakini air disini berkhasiat, bahkan ada juga sengaja mandi katanya agar awet muda," kata dia.

Meski terbilang berada di pelosok, fasilitas disini sudah cukup memadai. Ada satu warung yang menyediakan nasi liwet dadakan, kamar ganti, toilet dan mushola kecil.

Kusnadi yang juga diberi amanah menjadi juru kunci mengatakan, tak jauh dari kolam ada sebuah batu yang dipercaya tempat tilem keturunan prabu siliwangi dikenal dengan nama ibu ratu sepuh.

Ia, kerap kali kedatangan tamu dari sejumlah daerah yang meminta ditemani berdoa ditempat sebelah utara kolam.

"Ya katanya mau usaha lancar atau datang diberi petunjuk untuk datang kesini," katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA