Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bupati Anas: Penting Libatkan Ulama Dalam Proses Pembangunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 08 April 2019, 20:44 WIB
Bupati Anas: Penting Libatkan Ulama Dalam Proses Pembangunan
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas/Net
rmol news logo Banyuwangi tidak serta merta melupakan peran ulama dalam proses pembangunan daerah, meski kini telah bertransformasi dengan kemajuan teknologi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa aspirasi ulama merupakan salah satu masukan bagi proses pembangunan.

“Banyuwangi menjadi seperti sekarang ini karena andil dari para tokoh agama dan masyarakat. Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas kepedulian para tokoh agama pada berjalannya pembangunan di daerah,” kata Bupati Anas saat membuka rapat koordinasi (rakor) ‘Sinergitas Pemerintah dan Ulama dalam Pengambilan kebijakan Keumatan 2019’, Senin (8/4).

Anas juga mengatakan bahwa peran ulama dalam proses pengambilan kebijakan pembangunan daerah itu penting untuk menjaga koridor pembangunan itu sendiri.

Pemkab telah menjalankan sejumlah rekomendasi dari para tokoh agama dan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di daerah, seperti pembatasan hiburan malam dan penutupan lokalisasi.

“Memang hal tersebut menjadi keresahan di masyarakat yang disuarakan oleh tokoh agama dan masyarakat. Kami pun menjalankan rekomendasi tersebut lewat kebijakan daerah yang didukung oleh semua pihak,” kata Anas.

Anas juga berterima kasih kepada tokoh agama dan masyarakat atas terjaganya kondusivitas wilayah. Untuk itu, Anas meminta agar ulama terus menjaga kesejukan dan kedamaian daerah menjelang Pemilu pada 17 April besok.

“Perbedaan pilihan janganlah sampai membuat kita terpecah belah. Terima kasih kepada tokoh agama dan masyarakat yang telah ikut menjaga kerukunan dan persaudaraan di antara warga,” pungkas Anas.

Dalam melaksanakan pembangunan daerah, lanjut Anas, Banyuwangi melibatkan semua stake holder pembangunan untuk menjaring aspirasi.

Selain dengan ulama, pemkab juga menggelar pertemuan rutin dengan tokoh lintas agama, pertemuan tiga pilar bersama Kepala Desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas, hingga dengan organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

“Alhamdulillah dengan pertemuan rutin seperti ini semua masalah yang ada di daerah bisa diatasi. Pertemuan ini juga jadi ajang mengkomunikasikan kebijakan yang kami buat,” ujar Anas.

Pada kesempatan tersebut, Anas juga menyampaikan berbagai kebijakan dan capaian yang diraih oleh daerah. Mulai program prioritas pembangunan, pertumbuhan ekonomi, hingga penurunan angka kemiskinan yang tahun 2018 telah berada di angka 7,8 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA