Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Susi Puji Keberhasilan Bupati Banyuwangi Kelola Sampah Muncar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 05 April 2019, 00:14 WIB
Menteri Susi Puji Keberhasilan Bupati Banyuwangi Kelola Sampah Muncar
Menteri Susi Kunjungi Muncar/RMOL
rmol news logo Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengapresiasi kreatifitas penduduk yang tinggal di kawasan Pelabuhan Kuncar, Desa Tembokrejo, Banyuwangi yang berhasil mengelola sampah dapur.

Tiba di kawasan pelabuhan, Susi langsung mengunjungi tempat pengolahan sampah sementara (TPST) di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar. TPST ini dikelola oleh warga dengan pendampingan Pemkab Banyuwangi dan organisasi non-pemerintah (NGO) dunia yang didanai Norwegia dan institusi bisnis Borealis dari Austria, Systemiq.

Program yang dijalankan ini telah berjalan satu tahun dengan mendorong peningkatan kapasitas warga desa dalam masalah pengelolaan sampah.

“Ini upaya yang sangat baik dari pemerintah daerah. Saya berharap penanganan sampah ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya,” kata Susi di lokasi, Kamis (4/4).

Dalam kesempatan itu, Susi melihat bagaimana sistem pengolahan TPST tersebut dijalankan. Mulai dari pemilahan sampah yang diangkut petugas dari rumah warga hingga pengolahan sampah organik yang dimanfaatkan untuk kompos dan budidaya larva lalat black soldier fly, untuk mengurai sampah organik dan dapat dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak.

Susi berharap agar kapasitas TPST tersebut bisa ditingkatkan. Salah satunya dengan melatih cara pemilahan sampah sejak di rumah tangga. Sehingga semakin banyak tenaga yang bisa terlibat.

“Kalau kapasitasnya semakin besar nanti bisa jadi industri. Namun yang paling penting warga terus diedukasi untuk terus menjaga lingkungannya agar selalu bersih dan terhindar dari penyakit,” kata Susi.

“Beberapa kali ke Banyuwangi saya selalu menghindar untuk datang ke Muncar, karena apa? Saya takut kalau disini bau dan kumuh. Tapi Pak Bupati memaksa saya untuk kemari, akhirnya saya mau. Ternyata TPI nya bersih dan tidak bau seperti yang dulu saya bayangkan, sudah banyak perubahan,” imbuhnya. rmol news logo article
 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA