Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Surat Suara Di Jateng Kurang 3,3 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 04 April 2019, 03:38 WIB
Surat Suara Di Jateng Kurang 3,3 Juta
Surat suara/Net
rmol news logo Gelaran Pilpres tinggal hitungan hari. Namun distribusi surat suara belum tersalurkan dengan baik. Seperti di Jawa Tengah yang mengalami kekurangan jutaan surat suara.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah, Anik Sholihatun menyatakan hingga 1 April 2019 masih ada 3.342.9870 surat suara yang belum terpenuhi di kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Kekurangan tersebut terjadi di hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Belum lengkapnya kebutuhan surat suara itu disebabkan karena beberapa hal," katanya seperti dikutip RMOLJateng, Rabu (3/4).

Ia menjelaskan kekurangan karena basis data KPU adalah tambahan 2 persen DPT secara global. Padahal, kebutuhan riilnya adalah tambahan 2 persen per TPS.

Selain itu, ada selisih hitung antara yang tertera di dus surat suara dengan jumlah lembaran setelah dihitung.

"Lalu, kurang karena tidak lolos sortir sebab rusak," ujarnya.

Untuk itu, Anik mendesak KPU agar segera bisa memenuhi belum lengkapnya surat suara di kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dalam hal ini mendorong KPU Provinsi agar mendesak KPU RI mempercepat proses pengiriman.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng sendiri mengakui masih ada enam daerah di Jawa Tengah yang masih kekurangan logistik.

Kata Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, kekurangan logistik itu terjadi pada surat suara calon anggota legislatif di daerahnya masing-masing. Di antaranya di Pati, Klaten, Sukoharjo, Grobogan, Sragen, dan Wonogiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA