Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Pertama MRT Berbayar, Mesin Tiket Hingga Gerbang Pembayaran Bermasalah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 02 April 2019, 09:30 WIB
Hari Pertama MRT Berbayar, Mesin Tiket Hingga Gerbang Pembayaran Bermasalah
Foto: MRT Jakarta
rmol news logo Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta atau Ratangga pada hari pertama berbayar, kemarin (Senin, 1/4), sempat mengalami masalah.

Di antaranya ticket vending machine (mesin tiket otomatis) tidak berfungsi normal sehingga terjadi penumpukan pada loket manual.

PT MRT Jakarta juga menemukan beberapa passenger gate (gerbang pembayaran) yang tidak dapat menerima kartu uang elektronik terbitan lama. Hal ini mengakibatkan terjadinya antrian panjang selama jam sibuk siang hari dan sore hari.

"Pada sore hari (pada jam pulang kantor) terjadi antrean panjang selama kurang lebih satu jam di Stasiun Bundaran HI," kata ujar Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin dalam siaran persnya, Selasa (2/4).

Akhirnya diputuskan untuk membebaskan pengguna memasuki stasiun dan bebas menggunakan layanan kereta MRT Jakarta mulai pukul 17.10 hingga jam operasi MRT Jakarta berakhir pada pukul 22.30 WIB.

Berdasarkan evaluasi terhadap kendala yang terjadi, lanjut Kamal, PT MRT Jakarta melakukan langkah-langkah di antaranya menginstruksikan kontraktor untuk menyelesaikan kendala teknis pada mesin tiket otomatis dan gerbang pembayaran yang bermasalah.

"PT MRT Jakarta juga telah melakukan koordinasi dengan bank penerbit kartu uang elektronik," jelas Kamal.

Kamal menambahkan, untuk sementara mesin tiket otomatis tidak difungsikan karena masih dalam proses perbaikan.

Selain itu pihaknya juga menyiapkan petugas guna membantu penjualan dan menerangkan mengenai kartu uang elektronik bank (Unik Bank) di stasiun MRT Jakarta, khususnya di Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Lebak Bulus Grab sebagai alternatif metode pembayaran.

"Untuk single trip ticket MRT Jakarta selain di ticket office juga akan dijual secara manual oleh pegawai MRT Jakarta sebelum memasuki gerbang pembayaran, terutama untuk rute favorit seperti Stasiun Lebak Bulus Grab-Stasiun Bundaran HI dan sebaliknya," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA