KKI: Kekompakan Maskapai Bikin Masyarakat Merugi

Jumat, 29 Maret 2019, 15:31 WIB | Laporan: Aprilia Rahapit

David Tobing/Net

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) meminta agar investigasi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terhadap dugaan kartel tiket pesawat segera diselesaikan.

Permintaan tersebut disampaikan lantaran seluruh maskapai terkesan kompak dalam menetapkan harga tiket dengan harga tinggi. Sementara pemerintah sudah mengeluarkan perintah untuk menurunkan harga tiket dengan segera.

"Nah ini semua seakan-akan berbarengan dan ditambah lagi naiknya harga tiket pesawat ini itu seakan-akan kompak maskapai ini. Padahal mereka masih bisa membuat range di sana. Ada range harga batas bawah dan batas atas, tapi kan ini seakan-akan kompak, grup Garuda dan grup Lion Air itu kompak," ungkap Ketua KKI David Tobing kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (29/3).

Kekompakan maskapai tidak bisa dibiarkan. Sebab, hal tersebut sudah membuat masyarakat dirugikan karena tidak memiliki pilihan lain.

"Merugikan konsumen karena konsumen tidak bisa memilih, tidak bisa punya banyak pilihan karena bareng penggantinya pun sama harganya.
misalnya kan konsumen bisa memilih barang lain atau subtitusi tapikan ini subtitusinya sama harganya," tutur dia.

Atas alasan itu, David mendesak KPPU segera menuntaskan penyelidikan dan jika terbukti ada kongkalikong, maka harus diberi sanksi yang setimpal.

“Kalau tidak terbukti ya harus clear masalahnya,” tandasnya.

Kolom Komentar