Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Program TOSS Bisa Jadi Solusi Nasional Selesaikan Masalah Sampah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 28 Maret 2019, 15:19 WIB
Program TOSS Bisa Jadi Solusi Nasional Selesaikan Masalah Sampah
I Nyoman Suwirta/Net
rmol news logo Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta memamerkan Program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dalam acara Electricity Forum 2019 di Gedung STT PLN, Jakarta Barat, Rabu (27/3).

Program hasil kerjasama antara STT PLN serta Indonesia Power ini mengolah sampah menjedi energi alternatif. Suwirta menjelaskan bahwa pengolahan sampah dalam program ini melewati beberapa tahap, di antaranya pengumpulan sampah, peuyeumisasi, dan briketisasi.

“Peuyeumisasi adalah teknik mengubah sampah menjadi gas menggunakan alat bio aktivator, kemudian gas tersebut digunakan sebagai bahan bakar menggerakkan generator untuk memproduksi listrik. Sementara briketiasi adalah teknik mengubah sampah menjadi bahan bakar briket”, tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (28/3).

Bupati Suwirta yakin program TOSS bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan persoalan sampah nasional. Dia ingin nantinya program TOSS diadopsi daerah lain dan menjadi program yang berskala nasional.

“Pemerintah Pusat saya harap inventarisasi  program-program skala nasional lainnya. Sehingga, program seperti TOSS ini tidak hanya menjadi usaha lokal, tapi bisa menjadi usaha skala nasional,” katanya.

“Jadi harus ada tekanan kepada Kepala Daerah dalam menangani permasalahan soal sampah, karena persoalan sampah ini tidak hanya di Klungkung”, pungkas Bupati Suwirta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA