Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasca Banjir Sentani, 99 Persen Gardu Telah Beroperasi Dan Penyulang Sudah Pulih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 26 Maret 2019, 11:05 WIB
Pasca Banjir Sentani, 99 Persen Gardu Telah Beroperasi Dan Penyulang Sudah Pulih
Foto:Net
rmol news logo . PLN terus memulihkan pasokan listrik untuk masyarakat Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pekan lalu. PLN telah berhasil memulihkan gardu hingga mencapai 99 persen dan 100 persen penyulang telah pulih.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan sejumlah kondisi gardu masih dalam pekerjaan penyelesaian antara lain enam gardu yang padam karena terendam, perbaikan 3 tower SUTT 70 kV Orya dan sejumlah jaringan yang rusak/putus di sejumlah titik.

Cuaca yang kurang bersahabat seminggu kemarin disebut menjadi kendala proses pemulihan pasokan listrik untuk warga. Kondisi semacam itu mengakibatkan banjir susulan dan tanah longsor yang akhirnya berdampak pada sejumlah jaringan terganggu.

"Saat ini tim pemulihan kelistrikan masih terus bekerja dilapangan di lokasi-lokasi bencana banjir kemarin. Namun, memang terdapat beberapa lokasi yang belum teraliri listrik dikarenakan akses yang belum bisa ditempuh serta infrastruktur yang mengalami kerusakan cukup besar," ujar Made, Selasa (26/3).

Saat ini, lanjutnya, PLN fokus menyelesaikan perbaikan jaringan yang rusak dan putus di titik-titik yang sudah dapat diakses sembari menunggu air surut. Selain itu, perbaikan 3 tower SUTT 70 kv di Orya juga terus dikebut.

Kata Made, gangguan dan pekerjaan ini menyebabkan beberapa lokasi di Sentani mengalami pemadaman, antara lain : Jalan Sosial, Jalan Kemiri, Kampung Sosiri, Doyo Baru, sebagian BTN Gajahmada, Komplek Bintang Timur, Yabaso Pantai, Kampung Yakonde, Kampung Telafa Maya dan Jalan Lintas Utara.

"3 tiang konstruksi SUTT kami mengalami kerusakan dimana SUTT tersebut untuk suplai daya dari PLTA Orya, namun kita sudah melakukan pengalihan sementara sehingga konstruksi dapat diperbaiki. Dan hingga saat ini PLN tidak mengalami defisit daya, namun pendistribusian daya yang memang harus ada perbaikan lebih," terang Made.

Made menegaskan bila PLN terus berupaya menormalkan seluruh pasokan listrik masyarakat di lokasi terdampak dengan cepat, tepat dan mengedepankan faktor keamanan. Bila cuaca bersahabat, Made optimis dalam minggu ini pekerjaan dapat selesai dan masyarakat dapat menikmati listrik seperti sediakala. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA