Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sarimaya Beberkan Bukti Partai Berkarya Bangun Ekonomi Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Sabtu, 23 Maret 2019, 20:23 WIB
Sarimaya Beberkan Bukti Partai Berkarya Bangun Ekonomi Rakyat
Sarimaya/Ist
rmol news logo Partai Berkarya tidak sekadar mengumbar janji membangun ekonomi kerakyatan. Partai yang mengusung tagline Indonesia Berkarya itu telah memberikan solusi nyata atas berbagai persoalan kerakyatan yang dihadapi saat ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Sarimaya, calon legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Berkarya dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat XI melalui wawancara telepon, Sabtu (23/3).

“Bukti itu dapat  dilihat pada Koperasi Mustika Galunggung  Ini wujud nyata ekonomi kerakyatan," terang caleg yang akan bertarung di Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut itu.

Mengutip pernyataan Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto, Sarimaya mengatakan, ekonomi kerakyatan adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Ekonomi kerakyatan harus dibangun dengan kearifan lokal.

Koperasi, terang Sarimaya, adalah bentuk ekonomi kerakyatan. Di era Presiden Soeharto, koperasi dikembangkan sampai ke tingkat desa dan mampu menggerakan perekonomian rakyat.

Ia kemudian bercerita tentang Koperasi Mustika Galunggung. Koperasi itu didirikan tahun 2017, tapi mulai beroperasi pada Agustus 2018 dengan jumlah anggota seratus orang.

Koperasi bekerjasama dengan petani. Memberi petani sarana produksi, benih, pupuk pestisida dan ongkos keraja. Saat panen, koperasi dan para petani berbagi hasil.

“60 persen hasil panen dimiliki petani, 40 persen untuk koperasi," terang wanita kelahiran 19 Januari 1959 itu.

Lebih jauh, Sarimaya menerangkan, petani yang bekerja sama dengan koperasi juga mendapatkan asuransi sebagai bentuk perlindungan. Jika terjadi gagal panen, maka asuransi akan membayar nilai pertanggungan kepada  petani.

Lebih jauh, Sarimaya menuturkan, sejak Januari 2018, Koperasi Mustika Galunggung telah bekerjasama dengan GORO untuk membangun usaha penjualan sembako. GORO menyediakan sembako yang dijual dengan harga lebih murah dari harga di mini market.

Masyarakat pemilik toko eceran kecil juga dimanjakan oleh Koperasi Mustika Galunggung, karena bisa mengambil semua komoditas dengan pembayaran belakangan.

“Kami meringankan masyarakat dan usaha kecil dan menengah (UKM)," terang Sarimaya.

Bicara tentang keputusan untuk terjun ke dunia politik bersama Partai Berkarya, Sarimaya mengaku semua itu didorong oleh keinginannya untuk berperan serta membangun bangsa, menyejahterakan rakyat, dan terlibat dalam pembuatan undang-undang untuk kepentingan rakyat.

Sejak mengenakan rompi Partai Berkarya, Sarimaya aktif menyambangi masyarakat desa di Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Ia terus berdialog dengan warga seraya menjelaskan tentang visi Partai Berkarya, yakni membangun ekonomi kerakyatan dengan kearifan lokal.

“Saya terangkan kepada setiap orang, betapa Partai Berkarya menawarkan solusi bagi masa depan bangsa," ujar dia. 

Bagi Sarimaya, pembangunan ekonomi kerakyatan adalah segalanya. Ekonomi yang kuat dan merata  akan menciptakan stabilitas sosial.

“Berkarya peduli terhadap kaum lemah, dan menawarkan program yang menyentuh semua lapisan," tandas Sarimaya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA