Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KNKT: Isi CVR PK-LQP Berbeda Dengan Yang Beredar Di Media

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 21 Maret 2019, 18:24 WIB
KNKT: Isi CVR PK-LQP Berbeda Dengan Yang Beredar Di Media
Jumpa pers KNKT/Net
rmol news logo Percakapan pilot Lion Air PK-LQP yang beredar di media sosial dibantah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Media asing, Reuters bahkan memberitakan percakapan pilot pesawat yang jatuh di perairan Karawang itu. Disebutkan bahwa percakapan didapat dari hasil rekaman Voice Cokpit Recorder (VCR) pesawat.

“Di media telah beredar berita yang menyebut sebagai isi dari CVR penerbangan JT610, dan penerbangan JT043. KNKT menyampaikan hasil download CVR (hanya) merekam sejak persiapan penerbangan JT610 sampai akhir,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, kepada wartawan di kantor KNKT, Medan Merdeka Timur, Kamis (21/3).

“KNKT juga menyampaikan bahwa isi rekaman CVR tidak sama dengan apa yang beredar di media,” sambungnya.

Soerjanto menjelaskan bahwa yang ditulis dan diberitakan oleh media merupakan opini seseorang yang kemudian dibuat seolah-oleh hal tersebut merupakan pembicaraan pilot dalam cokpit.

Ia mengatakan rekaman pembicaraan termasuk tulisan maupun transkripnya tidak boleh dipublikasikan, sebagaimana diatur dalam peraturan di Indonesia.

“Data CVR itu nantinya akan dipelajari oleh tim penyidik dan dipublikasikan hanya bagian-bagian yang dianggap signifikan,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA