Dekatkan Petani dan Pasar, Purwakarta Gelar Festival Manggis

Kamis, 21 Maret 2019, 17:14 WIB | Laporan: Yelas Kaparino

Ilustrasi/RMOL Jabar

Buah manggis merupakan komoditas unggulan di Purwakarta, Jawa Barat. Kualitasnya telah diakui bahkan terkenal hingga mancanegara.

Untuk semakin mengembangkan komoditas tersebut, Pemkab Purwakarta menggelar Festival Manggis 2019. Festival yang diikuti kelompok petani manggis tersebut bakal digelar di Desa Babakan Kecamatan Wanayasa, Sabtu (23/3) lusa.

Dikatakan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Pemkab Purwakarta, Agus Rachman Suherlan, buah manggis dari memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan daerah lain.

"Manggis di Purwakarta sudah lama berkembang, potensinya juga cukup tinggi, bahkan nilai ekspor setiap tahunnya terus meningkat," ujar Agus, seperti dilansir RMOL Jabar, Kamis (21/3).

Agus mengatakan,  salah satu alasan pihaknya menggencarkan promosi, untuk peningkatan produk dan mendorong potensi manggis di Purwakarta.  Diketahui, sejak tahun 2006, buah manggis Purwakarta sudah mendapt sertifikasi Kementerian Pertanian.

Pihaknya ingin menciptakan akses bagi produsen manggis dengan pasar yang ada, baik itu pasar modern, pasar lokal maupun pasar ekspor. Sehingga petani manggis bisa memahami karakteristik pasar yang hendak dituju.

Sekdar informasi, luas lahan perkebunan manggis di Purwakarta mencapai 1.500 hektare. Lahan tersebut, tersebar di lima kecamatan, yaitu Bojong, Kiarapedes, Darangdan, Wanayasa dan Pondoksalam.

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019