Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dekatkan Petani dan Pasar, Purwakarta Gelar Festival Manggis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 21 Maret 2019, 17:14 WIB
Dekatkan Petani dan Pasar, Purwakarta Gelar Festival Manggis
Ilustrasi/RMOL Jabar
rmol news logo Buah manggis merupakan komoditas unggulan di Purwakarta, Jawa Barat. Kualitasnya telah diakui bahkan terkenal hingga mancanegara.

Untuk semakin mengembangkan komoditas tersebut, Pemkab Purwakarta menggelar Festival Manggis 2019. Festival yang diikuti kelompok petani manggis tersebut bakal digelar di Desa Babakan Kecamatan Wanayasa, Sabtu (23/3) lusa.

Dikatakan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Pemkab Purwakarta, Agus Rachman Suherlan, buah manggis dari memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan daerah lain.

"Manggis di Purwakarta sudah lama berkembang, potensinya juga cukup tinggi, bahkan nilai ekspor setiap tahunnya terus meningkat," ujar Agus, seperti dilansir RMOL Jabar, Kamis (21/3).

Agus mengatakan,  salah satu alasan pihaknya menggencarkan promosi, untuk peningkatan produk dan mendorong potensi manggis di Purwakarta.  Diketahui, sejak tahun 2006, buah manggis Purwakarta sudah mendapt sertifikasi Kementerian Pertanian.

Pihaknya ingin menciptakan akses bagi produsen manggis dengan pasar yang ada, baik itu pasar modern, pasar lokal maupun pasar ekspor. Sehingga petani manggis bisa memahami karakteristik pasar yang hendak dituju.

Sekdar informasi, luas lahan perkebunan manggis di Purwakarta mencapai 1.500 hektare. Lahan tersebut, tersebar di lima kecamatan, yaitu Bojong, Kiarapedes, Darangdan, Wanayasa dan Pondoksalam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA