TransJakarta Segera Luncurkan Bus Bertenaga Listrik

Kamis, 21 Maret 2019, 14:24 WIB | Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Bus listrik/Net

PT. Transportasi Jakarta (TransJakarta) segera meluncurkan bus listrik di wilayah DKI Jakarta. Bus itu nantinya akan diujicobakan selama kurang lebih enam bulan.

"Kapan dimulainya? Tentunya bergantung pada kesiapan mitra. Hari ini kita lihat sudah ada tiga armada. Untuk mencapai kesiapan itu diujicobakan di kami, armada ini harus memenuhi regulasi dalam hal uji tipe. Kalau bisa mulai di tahun ini, kira-kira sekitar enam bulan," kata Dirut PT TransJakarta Agung Wicaksono di JIEXpo Kemayoran, Kamis (21/3).

Kehadiran bus listrik yang ramah lingkungan itu bukan dibeli oleh TransJakarta, tapi dimiliki oleh beberapa operator yang telah menjadi mitra. Operator yang nantinya akan mengoperasikan bus listrik tersebut.

PT TransJakarta, kata Agung, hanya akan membayar biaya operasional. Kini pihak TJ tenga mengkaji besaran biaya yang harus dikeluarkan dalam pengoprasian bus tersebut.

"Perlu ditekankan TransJakarta bukan membeli Armada. TransJakarta tidak akan memiliki armada ini. Armada akan dimiliki dan dioperasikan oleh para operator yang menjadi mitra Transjakarta di Jakarta," kata Agung.

Ada dua jenis bus listrik yang dipamerkan di Busworld di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Bus pertama adalah BYD K9 yang memiliki jarak tempuh hingga 250 kilometer dengan kecepatan maksimal hingga 70 kilometer per jam.

Bus kedua adalah MAB seri MD12-E. Bus ini berjenis lower deck dengan kapasitas penumpang 60 orang.

Bus ini juga mampu menempuh jarak 250 kilometer per hari dan tenaga yang dihasilkan motornya mencapai 200 kW dengan torsi 2.400 Nm.

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019