Gubernur Anies Tolak Usulan DPRD Yang Ingin Gratiskan MRT

Rabu, 20 Maret 2019, 14:39 WIB | Laporan: Bonfilio Mahendra Wahanaputra

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Bonfilio/Rmol

Usulan Komisi B DPRD DKI yang ingin menggratiskan tarif kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta ditolak memtah-mentah oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Rasanya enggak mungkin (MRT Gratis)," ujar Anies di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

Ini didasari karena dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta masih sangat terbatas. Hingga saat ini sendiri, penetapan tarif MRT masih ditunggu serta penentuan besaran subsidi masih dalam pembahasan anggota DPRD.

Tapi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berjanji akan terus mempercepat proses penentuan tarif agar langsung segera diumumkan sebelum peresmian pada (24/3) mendatang.

Penolakan ini sendiri bukan tanpa sebab, sebelumnya Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi mengatakan pihaknya ingin MRT Jakarta digratiskan saja bagi warga Jakarta dengan syarat Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI.

"Kita ingin lebih detail lagi sebenarnya, hitungannya untuk subsidi yang sebenarnya, andaikan saja digratiskan untuk masyarakat DKI. Subsidi itu harus tepat sasaran," kata Suhaimi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (19/3) kemarin.

Menggratiskan tarif MRT bagi warga Jakarta, menjadi kewajiban Pemprov DKI. Karena APBD DKI juga berasal dari uang rakyat yang harus dikembalikan lagi ke masyarakat.
Editor: Azairus Adlu

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019