Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nenek Kasmuah, Potret Kesenjangan Di Desa Kelahiran Bupati Gresik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 14 Maret 2019, 16:40 WIB
Nenek Kasmuah, Potret Kesenjangan Di Desa Kelahiran Bupati Gresik
Nenek Kasmuah/RMOLJ atim
rmol news logo Nenek Kasmuah yang kondisi matanya hampir buta hidup sebatang kara, dan tidak pernah menerima bantuan Pemerintah. Ironisnya, ia tinggal bertetangga dengan Bupati Gresik yang menjabat dua periode.

Potret kesenjangan sosial itu yang dialami Mbok Kasmuah (71), begitu dia biasa disapa, warga RT03 RW01 Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Perempuan renta dengan kondisi mata rabun dan nyaris buta itu, hidup sebatang kara tanpa sanak saudara atau keluarga yang menemani.

"Di sini saya hidup sendiri. Anak saya satu tapi sudah menikah. Dia memilih tinggal bersama keluarganya. Untuk keperluan makan sehari-hari saya dikirimi anak saya," ujarnya seperti dilansir RMOL Jatim, Kamis (14/3).

Memperhatikan kehidupan keseharian Mpok Kasmuah, jauh dari standar hidup layak. Rumah yang ditempatinya, kondisinya sangat memprihatinkan. Dinding rumah itu terbuat dari bambu yang terlihat sudah lapuk. Sedangkan, genting atap bangunan itu kondisinya porak poranda.

Tak pelak, jika hujan turun, bagian dalam rumah menjadi becek dan tergenang air. Kondisi bertambah parah karena lantainya hanya berupa tanah tanpa papan atau keramik.

Kondisi Mbok Kasmuah ini kontras dengan program  pengentasan kemiskinan marak yang digembar-gemborkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Mbok Kasmuah tidak pernah sekalipun mendapatkan bantuan. Keberadaannya pun seolah-olah tidak diakui pemerintah.

“Saya belum pernah dapat bantuan, dalam bentuk apapun dan dari manapun,” aku Kasmuah.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab nama nenek renta itu tidak terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Ia tidak punya kemampuan untuk mengurus administrasi. Termasuk program bedah rumah yang sudah bertahun-tahun dilakukan pemerintah.

Ironisnya, Mbok Kasmuah merupakan tetangga satu desa dengan Sambari Halim Radianto, Bupati Gresik yang telah menjabat hampir 2 periode ini. Sambari juga warga Desa Lowayu, Kecamatan Dukun, desa yang sama dengan Mpok Kasmuah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA