Lestarikan Budaya Baca Al Quran, Gatot Nurmantyo Resmikan Asrama Murojaah

Selasa, 12 Maret 2019, 22:27 WIB | Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo/Net

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo kini konsen dengan kegiatan keagamaan. Khususnya dalam melestarikan budaya membaca dan menghafal Al Quran.

Kali ini Gatot menghadiri dan meresmikan langsung peletakan batu pertama pembangunan Asrama Murojaah An-Najaba 1 di Bogor, Jawa Barat.

"Murojaah adalah menjaga hafalan Al Quran dengan terus-menerus mengulangnya guna meraih mutqin dalam bacaan, hafalan, pemahaman, dan pengamalan yang menjadi impian seluruh para hafizh Quran. Yakni bukan tentang kuantitas tapi kualitas," jelas Ketua Pembina Indonesia Murojaah Achmad Deni Daruri kepada wartawan, Selasa (12/3).

Dia menjelaskan, trend tahfizh di Indonesia bahkan di dunia tidak berjalan sejajar dengan trend murojaah. Akibatnya lebih dari 99 persen para penghafal Al Quran Indonesia terkendala murojaah sementara merojaah adalah fardhu ain.

"Dari sini, sejak dua tahun lalu, gerakan Indonesia Murojaah tampil di tengah masyarakat tahfizh sebagai ormas dan yayasan yang bergerak menampung aspirasi para hafizh Indonesia. Sekaligus menghadirkan atmosfir murojaah dan menyediakan fasilitas murojaah," papar Achmad Deni.

Pendiri Indonesia Murojaah KH Deden Muhamamd Makhyaruddin menceritakan awal mula pendirian Asrama Murojaah An-Najaba 1.

"Saya mengajak kepada para hafizh Quran untuk patungan infaq. Terkumpul, alhamdulillah. Saya fikir sudah bisa memulai," bebernya.

Menurut Kiai Deden, banyak donatur yang berasal dari kalangan mahasiswa penghafal Quran. Meski masih kuliah dan belum memiliki penghasilan tetap namun mereka yakin dan mantap menjadi bagian dari pembangunan Asrama Murojaah tersebut.

Langkah berikutnya adalah mengajak seluruh kalangan untuk ikut dalam program infaq murojaah.

"Insya Allah semua yang mendonasikan rezekinya akan mendapatkan pahala seperti penghafal Quran. Asrama Murojaah pertama di dunia berada di Indonesia," ujarnya.

Selain Gatot, dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Asrama Murojaah An-Najaba 1 juga turut dihadiri para hafizh Quran, ulama, dan para donatur. Kemudian Bupati Bogor Ade Yasin, Biro Pelayanan Pengembangan Sosial Jabar dan sejumlah tokoh masyarakat.
Editor:

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019