Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PLN Tanam Mangrove Bersama Ibu Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 11 Maret 2019, 21:40 WIB
PLN Tanam Mangrove Bersama Ibu Negara
Foto/PLN
rmol news logo PT PLN (Persero) melalui anak usaha Indonesia Power berpartisipasi dalam kegiatan menanam Mangrove sebanyak 5.000 batang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan masyarakat kawasan pantai PLTU Banten 2 Labuan.

Kegiatan diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE), organisasi yang dibentuk Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla.

Banyak dukungan dari berbagai pihak seperti TNI, pemda. Kementerian LHK yang dihadiri langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan pihak terkait lainnya.

Kegiatan dilakukan Senin (11/3) secara serentak di sembilan provinsi lain, sehingga apabila dihitung total akan tertanam sejumlah satu juta batang mangrove.

Sebelumnya PT Indonesia Power PLTU Banten 2 Labuan rutin melakukan kegiatan serupa yaitu Aksi Tanam Mangrove (ATM) ini di sekitar outfall unit pembangkit. Ini dilakukan dalam rangka menangkal abrasi dan memelihara ekosistem hutan bakau di sekitar lokasi pengoperasian unit.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Indonesia Power Sripeni Inten Cahyani mengapresiasi dukungan dari Iriana Joko Widodo.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada kegiatan kali ini. Dan kami sampaikan pula bahwa Indonesia Power sesuai misinya yaitu menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dan jasa terkait yang bersahabat dengan lingkungan sangatlah peduli terhadap kondisi lingkungan dan ekosistem sekitarnya keberlangsungan bisnis perusahaan," ungkap Inten.

"Sebagian besar unit pembangkit Indonesia Power berlokasi di wilayah pesisir yang rentan abrasi atau tsunami. Untuk itu tentu saja Indonesia Power sangat concern terhadap keberadaan hutan mangrove ini yang bisa meminimalisir abrasi dan menahan hantaman ombak laut," jelasnya.

Terkait penanaman mangrove di beberapa lokasi, Indonesia Power melalui program CSR menginisiasi untuk mengembangkan produk olahan dari tanaman mangrove. Dari mulai olahan makanan sampai dengan memanfaatkan mangrove untuk pewarna alami batik. Saat ini di sekitar wilayah operasi unit pembangkit, Indonesia Power memberdayakan kelompok perempuan untuk menjadi pengrajin batik mangrove.

Lebih lanjut, program CSR pemberdayaan kelompok perempuan pengrajin batik mangrove dapat dikelompokkan sebagai Program Inspirasi Perempuan yang merupakan komitmen perusahaan terhadap kemandirian wanita Indonesia. Berharap melalui program pemberdayaan perempuan akan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA