Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Surat Suara Pemilu Rusak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/tuahta-arief-1'>TUAHTA ARIEF</a>
LAPORAN: TUAHTA ARIEF
  • Rabu, 06 Maret 2019, 09:26 WIB
Ribuan Surat Suara Pemilu Rusak
Foto/Net
rmol news logo Ribuan surat suara (susu) untuk kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan April nanti tercatat mengalami kerusakan.

Begitu disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung Januar Solehuddin saat ditemui para wartawan di gudang Kampung Sawah.

Menurut Januar, berdasarkan hasil rekap sementara sejak proses sortir lipat (sorlip) surat suara Sabtu (2/3) lalu ada lebih dari 2.000 lembar yang mengalami kerusakan.

"Rinciannya 2.030 lembar surat suara rusak itu untuk kebutuhan Pemilihan Legislatif DPR RI dan 43 lembar untuk (Pileg) tingkat DPRD Provinsi Jawa Barat," ungkap Januar.

Dari pengawasan pihak Bawaslu, lanjut dia, kerusakan surat suara Pemilu itu cukup beragam. Mulai dari robek, ada bercak tinta, mengkerut hingga ada kelebihan kertas.

"Tentu kondisi kerusakan surat suara ini harus segera ditindaklanjuti penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU. Dan sesuai prosedur harus diganti," terang Januar.

Sementara itu, lanjut dia, lembar surat suara yang dinyatakan baik dan layak sesuai data saat ini 1.206.887 lembar untuk DPR RI dan 41.874 lembar untuk DPRD Provinsi Jabar.

"Data ini terus kami update (perbaharui) mengingat proses sortir lipat surat suara khususnya di Kabupaten Bandung di tiga gudang utama tengah berjalan," tandasnya. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA