Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Ludruk, Repnas Ingin Milenial Tetap Bersatu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 25 Februari 2019, 23:45 WIB
Lewat Ludruk, Repnas Ingin Milenial Tetap Bersatu
Potongan adegan ludruk berlakon Sumenjab/Net
rmol news logo Kesenian dan kebudayaan merupakan medium kreatif yang bisa menjadi ruang perjumpaan untuk anak muda berdiskusi dan bertukar pikiran secara nyata.

Cara-cara kreatif dan positif seperti ini harus disemarakkan agar anak muda semakin menyadari peran pentingnya dalam masyarakat, sehingga mereka tergerak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keahlian dan bidang masing-masing.

Begitu kata Ketua Dewan Pembina Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) DKI Jakarta Afifuddin Suhaeli Kalla usai gelaran kampanye politik kreatif lewat aksi teatrikal ludruk dengan lakon “Sumenjab: Suto Mencari Jabatan” di Balai Sarwono/Joglo Beer Kemang, Jakarta, Minggu malam (24/2).

“Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan anak muda bisa mendapatkan narasi dan hiburan alternatif di tengah kondisi sosial-politik yang tengah terbelah. Millenial, tentu memiliki cara sendiri dalam melihat dan menikmati politik secara gembira,” tegasnya.

Afifuddin menguraikan bahwa pementasan ini merupakan cara milenial menyatakan sikap bahwa apapun yang terjadi selama tahun politik, perdamaian dan kolaborasi antar pemuda adalah yang paling utama.

“Ini sebuah seruan bagi anak muda untuk "hijrah" dari pesimis ke optimis, dari konsumtif ke produktif, dari perpecahan ke persatuan, dan dari individualistik ke kolaborasi,” ujarnya.

Pertunjukan ini dibawakan Teater Pandora dengan gaya ludruk dan lenong yang penuh canda tawa tapi tetap bermuatan kritik sosial. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA