Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenkes Uji Kebugaran 350 Calon Jemaah Haji DKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 25 Februari 2019, 05:20 WIB
Kemenkes Uji Kebugaran 350 Calon Jemaah Haji DKI
Foto/Net
rmol news logo Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan melakukan pengecekan kebugaran terhadap 350 calon jemaah haji DKI Jakarta.

Sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit saat menjalankan ibadah dan memenuhi syarat istithaah kesehatan.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka menjelaskan, pemeriksaan kebugaran menggunakan metode rockport untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru-paru para jamaah haji.

Seluruh jemaah haji mengikuti proses pengukuran kebugaran di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Minggu (24/2).

Menurut Eka, setiap tahun sekitar dua per tiga jemaah haji Indonesia termasuk dalam kelompok risiko tinggi yakni jemaah yang berusia di atas 60 tahun dan memiliki penyakit bawaan sejak dari Tanah Air.

"Jemaah haji yang hadir semuanya nampak bersemangat dan benar-benar ingin menjaga kesehatannya saat di Arab Saudi," katanya.

Sebelum melakukan pengukuran, para peserta dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dulu oleh tim dokter. Selanjutnya setiap peserta diminta untuk berjalan cepat atau berlari secara konstan sejauh 1,6 kilometer.

Capaian waktu tempuh setiap jamaah dicatat oleh petugas dan dikatagorikan menjadi lima level. Bagi yang hasilnya kurang maka akan direkomendasikan untuk melakukan latihan fisik yang disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatannya.

"Pengukuran kebugaran merupakan salah satu bagian dari kegiatan pembimbingan kesehatan haji dalam pembinaan kesehatan di masa keberangkatan. Itu merupakan proses yang harus dilalui oleh semua jemaah haji guna mendapatkan gambaran kekuatan fisik dan memberikan rekomendasi tindakan berikutnya yang harus dilakukan," jelas Eka.

Dia menambahkan, pembinaan bertujuan untuk memantapkan status istithaah kesehatan haji hingga menjelang waktu keberangkatan nanti. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA